web analytics
  

Ada 19 Aplikasi Berbahaya di PlayStore

Senin, 27 Juli 2020 08:24 WIB
Umum - Unik, Ada 19 Aplikasi Berbahaya di PlayStore, Android,ponsel pintar,Aplikasi Berbahaya,smartphone,playstore

Ilustrasi (Androidheadlines.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Peneliti keamanan menemukan daplikasi di PlayStore yang berbahaya. Google telah mem-boot semua 19 aplikasi yang dinyatakan bersalah atas perilaku penyisipan iklan yang merajalela dan curang.

Pengguna harus menemukan dan menghapus setiap aplikasi berbahaya dari ponsel mereka sendiri secara manual. Aplikasi ini diunduh lebih dari 3,5 juta pengguna.

Hal terburuk tentang serangkaian aplikasi Android berbahaya ini adalah aplikasi ini diprogram untuk menipu penggunanya agar percaya bahwa aplikasi tidak berfungsi dengan benar sehingga pengguna akan menghapus ikon instalasi. Sayangnya, pengguna sulit melakukan proses penghapusan instalasi

Sementara fungsionalitas aplikasi terbatas atau tidak ada sama sekali, aplikasi ini membombardir pengguna dengan iklan, serta mengalihkan lalu lintas web ke portal. Laporan itu tidak menyebutkan malware ini menyerang integritas informasi pribadi atau data keuangan pengguna.

Dilansir dari Phone Arena, Senin (27/7), daftar aplikasi tersebut  yakni Auto Picture Cut, Color Call Flash, Square Photo Blur, Square Blur Photo, Magic Call Flash, Easy Blur, Image Blur, Auto Photo Blur, Photo Blur, Photo Blur Master, Super Call Screen , Square Blue Master, Square Blur, Smart Blur Photo, Smart Photo Blur, Super Call Flash, Smart Call Flash, Blur Photo Editor dan Blur Image.

Selain menghapus setiap dan semua hal di atas sesegera mungkin, pengguna bisa memberi perhatian ekstra saat ingin mengunduh apa pun yang dikembangkan oleh perusahaan kecil atau ‘orang’ bernama Thomas Mary, Kirik Brian atau Davis Betty. Aplikasi sering terbukti palsu.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers