web analytics
  

Cara Agar Monyet di Lembang Tak Merangsek Pemukiman Warga

Jumat, 24 Juli 2020 10:26 WIB Adi Ginanjar Maulana
Bandung Raya - Ngamprah, Cara Agar Monyet di Lembang Tak Merangsek Pemukiman Warga, Monyet di Lembang,Monyet Ekor Panjang,monyet merangsek pemukiman,Berita Bandung,Berita Lembang

Kera (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pegiat lingkungan di Jawa Barat meminta stakeholder bertindak menyelesaikan persoalan kawanan monyet ekor panjang yang masuk ke pemukiman warga di Kampung Andir, Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pegiat Lingkungan dan Peneliti Pusat Studi Lingkungan Fikom Unpad Herlina Agustin mengatakan, kawanan monyet ekor panjang masuk ke pemukiman warga karena tidak ada makanan di sekitar tempat wisata atau terganggu habitatnya.

"Hewan itu berpindah karena beberapa hal. Pertama di tempat wisata biasanya pengunjung memberikan makanan ke mereka. Kedua, habitatnya memang terganggu," ujarnya kepada Ayobandung.com, Jumat (24/7/2020).

Menurutnya, kebiasaan pengunjung wisata yang selalu memberikan kepada monyet membuat perilaku mereka menjadi ketagihan. Alhasil, ketika pengunjung wisata sepi, maka kawanan monyet tersebut akan mencari makanan ke pemukiman.

"Dia akan agresif ketika mencari makanan ke pemukiman," ujarnya.

Dari sisi habitat, kata dia, bisa jadi monyet tersebut datang ke pemukiman warga karena habitatnya yang terganggu.

Untuk mengatasi hal itu, pihak-pihak terkait seperti BKSDA, Dinas Peternakan, dan Dinas Lingkungan Hidup harus menggiring kembali kawanan monyet ke habitat aslinya.

"Caranya dengan memberikan makanan di habitat tanpa ketahuan monyet-monyet itu. Karena kalau ketahuan mereka akan ketagihan lagi ke siapa yang memberinya," ujarnya.

 

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers