web analytics
  

[CEK FAKTA] Pemakaian Thermo gun Merusak Jaringan Otak?

Jumat, 24 Juli 2020 04:39 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, [CEK FAKTA] Pemakaian Thermo gun Merusak Jaringan Otak?, Thermo Gun,Otak,Sehat,Hoaks

Penggunaan thermo gun. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Warganet sempat panas membahas potongan wawancara ekonom Ichsanuddin Noorsy dengan Helmy Yahya yang membahas penolakan Ichsanuddin untuk diperiksa menggunakan thermo gun.

Potongan wawancarana ini membuat spekulasi mengenai adanya potensi bahaya dari pemakaian thermo gun dapat merusak jaringan otak.

Dalam video berjudul 'Obrolan dengan Ichsanuddin Noorsy ini Paling Bergizi Selain Obrolan dengan Bossman Sontoloyo' yang dimuat di akun YouTube Helmy Yahya Bicara para 13 Juli 2020, Ichsanuddin menolak diperiksa suhu tubuh menggunakan thermo gun di keningnya.

Ichsanuddin mengaku khawatir penggunaan thermo gun dapat merusak struktur otaknya.

"Kalau saya nolak. Kalau mau periksa (suhu tubuh) saya, periksa di sini (telapak tangan). Karena termometer itu (thermo gun) dipakai untuk memeriksa kabel panas, bukan temperatur manusia. Kita tidak tahu dampak kerusakan pada struktur otak. Saya nggak mau," ungkap Ichsanuddin.

Pernyataan Ichsanuddin menjadi perbincangan publik. Banyak netizen yang ikut khawatir dengan pernyataan tersebut sehingga takut sat harus diepriksa suhu tubuhnya menggunakan thermo gun.

Benarkah thermo gun dapat merusak jaringan otak?

Penjelasan

Dari penelusuran Tim CekFakta Suara.com, Selasa (21/7/2020), klaim yang menyebut penggunaan thermo gun dapat membahayakan jaringan otak manusia adalah klaim yang salah. Pancaran sinar merah atau inframerah dari thermo gun tidak merusak otak.

Dikutip dari Antara, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menegaskan, thermo gun tidak akan merusak jaringan otak. Sinar merah pada thermo gun bukanlah sinar laser atau sinar radioaktif seperti X-ray.

Thermo gun menggunakan sinar inframerah sehingga tidak berbahaya dan tidak dapat merusak otak. Sinar tersebut dapat mengumpulkan pancaran energi dari suatu objek.

Kemudian sensor thermo gun mengubah data energi tersebut menjadi angka yang menunjukkan tingkat kepanasan dari objek tersebut.

Akurasi data suhu objek yang diperiksa bergantung pada kemampuan si pengguna thermo gun dalam memusatkan sinar inframerah pada titik yang sesuai. Jika penggunaan tepat, maka thermo gun akan menampilkan akurasi data yang baik.

Sementara itu, dikutip dari Liputan6.com, dokter spesialis penyakit dalam dr Ari Fahrial Syam SpPd-KGEH menegaskan thermo gun yang digunakan untuk memeriksa suhu tubuh aman digunakan. Alat tersebut sudah lolos uji kesehatan dan tidak berbahaya bagi tubuh.

"Produk itu sudah lolos uji kesehatan jadi sudah diperhitungkan bahwa alat itu aman digunakan," ujar dr Ari.

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebut penggunaan thermo gun dapat merusak jaringan otak adalah klaim yang salah. Klaim tersebut masuk dalam kategori konten yang salah.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers