web analytics
  

Komisaris Persib Ungkap Penyebab Utama Tim Urung Gelar Latihan Perdana

Kamis, 23 Juli 2020 12:37 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Komisaris Persib Ungkap Penyebab Utama Tim Urung Gelar Latihan Perdana, Komisaris Persib Umuh Muchtar,Kabar Persib,Latihan Persib,Pemain Persib,sepakbola

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar (Ayobandung.com/Eneng Reni)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Persib masih urung menggelar sesi latihan perdananya jelang lanjutan Liga 1 2020. Awalnya, skuat Maung Bandung akan memulai latihan kembali pada 6 Juli lalu.

Tim asuhan Robert Alberts itu sudah menggelar swab test untuk menghindari paparan Covid-19 kepada para pemain sebelum menjalani latihan perdana. Namun hingga saat ini sesi latihan kolektif ini belum ada kepastian.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar mengungkapkan, masih ada sejumlah masalah yang menjadi kendala skuat Maung Bandung urung menggelar latihan kolektif.

"Sebetulnya kita juga memantau sampai saat ini jadi kita masih dibicarakan semuanya, untuk kebaikan semuanya," kata Umuh, Kamis (23/7/2020).

Umuh tak menampik, salah satu penyebabnya adalah pembahasan mengenai masalah hak dan kewajiban pemain. Baru-baru ini, PSSI mengeluarkan kebijakan melalui Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi Dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020.

Dalam surat itu, PSSI memperbolehkan klub melakukan pemotongan gaji pemain dan pelatih sebesar 50% dari nilai kontrak awal. Penerapan gaji 50% itu pun akan berlaku satu bulan jelang kompetisi musim ini bergulir. 

Namun masalahnya, ada beberapa detail dari kebijakan tersebut yang masih multitafsir dan membingungkan. Karenanya Umum menyebut, manajemen, seluruh pemain, dan jajaran pelatih masih dalam tahap pembahasan terkait kebijakan ini.

"Adanya aturan ini, kita juga tidak mau berbenturan dengan PSSI, supaya semuanya enak, pemain juga enak diberikan kebijakan-kebijakan. Dari PT juga begitu, sama-sama membutuhkan lah semuanya," ungkapnya.

Umuh menjelaskan, Persib masih menghitung rincian pembagian gaji untuk setiap pemain. Setelah melalui tahap itu, nantinya setiap pemain memiliki gambaran dan akan mempelajari terlebih dulu sebelum menandatangani kontrak baru untuk melanjutkan musim di tengah pandemi.

"Ini lagi dihitung semuanya dari manajemen. Nanti si A berapa, si B berapa. Ini belum selesai lagi dihitung. Jadi berapa kalau udah oke, nah Ini si A, si B, menerima sekian-sekian. Oke (gaji) baru sekian, baru tanda tangan dan semua latihan lagi," ujarnya.

 

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers