web analytics
  

DPR Soroti Jaminan Duit Rp100 Juta untuk Calon Mahasiswa ITB

Rabu, 22 Juli 2020 10:56 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Pendidikan, DPR Soroti Jaminan Duit Rp100 Juta untuk Calon Mahasiswa ITB, ITB,DPR,jaminan uang 100 juta ITB

Gedung ITB (itb.ac.id)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bramantyo Suwondo menyoroti persyaratan Jaminan Kemampuan Keuangan (JKK) bagi calon mahasiswa yang lolos lewat seleksi mandiri (SM) Institut Teknologi Bandung (ITB) sebesar Rp100 juta. 

Peristiwa ini viral ketika salah calon mahasiswa ITB memposting persyaratan tersebut di media sosial. 

"Harusnya pihak universitas sedari awal pembukaan seleksi mandiri mengkomunikasikan secara jelas segala persyaratan maupun proses pendaftaran," ujar Bramantyo seperti dikutip dari Republika, Rabu (22/7/2020).

Bramantyo menambahkan, pemberitahuan lebih dini diperlukan agar tidak terjadi situasi seperti ini. Komunikasi yang baik itu terjadi, dimana calon-calon pendaftar mengetahui betul segala persyaratan dan proses pendaftarannya bisa dihindari.

"Menurut saya permasalahannya berada di komunikasi, pihak universitas juga ingin memastikan adanya kelancaran selama menyelenggarakan pendidikan tinggi mengingat ini bukan jalur subsidi," ungkapnya.

Namun, lanjut Bramantyo, di sisi lain para calon mahasiswa berhak mendapatkan kejelasan dalam mendaftar. Karena bagaimana dapat diketahui bahwa masa pandemi ini sudah sangat memberikan dampak negatif bagi calon mahasiswa. Dengan sistem pendaftaran yang jelas setidaknya membantu tidak memberi beban bagi calon mahasiswa. 

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers