web analytics
  

Ini Reaksi Calon Mahasiswa ITB soal Syarat Jaminan Keuangan Rp100 Juta

Selasa, 21 Juli 2020 16:42 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Pendidikan, Ini Reaksi Calon Mahasiswa ITB soal Syarat Jaminan Keuangan Rp100 Juta , ITB,jaminan uang 100 juta ITB,SBM ITB,calon mahasiswa ITB

Gedung ITB (itb.ac.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Media sosial sempat dihebohkan dengan kabar kewajiban orang tua calon mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang harus memiliki saldo rekening di bank minimal Rp100 juta.

Saldo tersebut diperuntukan bagi calon mahasiswa yang telah diterima lewat jalur seleksi mandiri (SM). Sontak, hal tersebut menuai protes dari netizen karena dianggap memberatkan.

Salah satunya karena persyaratan yang dimuat di laman website pendaftaran SM ITB tersebut diunggah secara mendadak di penghujung masa pendaftaran. Masa pendaftaran SM ITB sendiri berlangsung pada 1 Juli- 23 Juli 2020.

Ayobandung.com menghubungi salah satu calon mahasiswa yang telah berhasil melakukan pendaftaran SM ITB, Rizkia Putri Amalia (19).

Dia yang melakukan pedaftaran pada 3 Juli tersebut mengaku tidak melihat adanya persyaratan jaminan keuangan di laman website pendaftaran kala itu.

"Di masa-masa awal pendaftaran itu tidak ada persyaratan yang meminta bukti rekening Rp100 juta kalau keterima. Saya hanya mengisi data diri saja seperti biasa," ungkapnya, Selasa (21/7/2020).

Setelah pendaftaran selesai, barulah dia membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000. Rizkia memilih progran peminatan Perencanaan Wilayah dan Kota serta Manajemen Bisnis Sekolah Bisnis dan Manajemen.

Dia pun mengaku terkejut ketika melihat unggahan di Twitter yang menunjukan tangakapan layar laman web pendaftaran SM ITB dengan persyaratan baru tersebut. Dia dan sejumlah calon siswa jalur SM ITB lainnya yang mendaftar di masa awal baru mengetahui kabar tersebut dari media sosial.

"Kemarin kan viral setelah H-6 penutupan pendaftaran. Di akhir-akhir ini baru diinfokan bahwa yang keterima nanti harus mencantumkan (bukti rekening). Infonya telat sih, makanya yang sudah terlanjur daftar langsung kaget sepertinya," ungkapnya.

Meski demikian, Rizkia dan orang tuanya mengaku masih menyanggupi persyaratan tersebut apabila kelak dinyatakan diterima sebagai mahasiswa ITB.

Dia tidak menampik hal tersebut berpotensi memberatkan sebagian pendaftar, dan menyayangkan informasi tersebut tidak dicantumkan sejak awal.

"Kalau saya alhamdulillah, orang tua tidak keberatan, masih cukup. Tapi kan tidak semua orang sama, pasti ada yang kaget dan merasa keberatan," ungkapnya.

Saat ini, jaminan kemampuan keuangan berbentuk rekening Rp100 juta tersebut telah dihapuskan dari laman website persyaratan pendaftaran SM ITB.

Syarat yang tersisa adalah biaya iuran pengembangan insitusi dengan besaran mulai dari Rp25 juta dan surat pernyataan kemampuan pembayaran UKT selama masa studi.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers