web analytics
  

Mungkinkah Covid-19 Menyebar Lewat Ponsel?

Selasa, 21 Juli 2020 12:04 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Mungkinkah Covid-19 Menyebar Lewat Ponsel?, corona,smartphone,Ponsel,Cara Mencegah Virus Corona

[Ilustrasi] Seseorang bermain ponsel. (Unsplash/Epicantus)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — World Health Organization (WHO) dan Centers for Disease Control Prevention mengatakan secara teoritis Covid-19 memang mungkin untuk hidup di permukaan barang dan menginfeksi orang. Namun, teori ini belum terbukti.

Studi WHO sebelumnya menyatakan virus corona bisa bertahan di plastik, kaca, dan logam dalam waktu beberapa jam hingga beberapa hari. Selain bukti tersebut, belum ada studi spesifik transmisi virus terjadi karena menyentuh permukaan benda tersebut.

“Ini bukan sumber primer transmisi virus,  tapi kita harus meminimalisasi segala sumber penularan. Karena penggunaan ponsel yang tinggi, kita harus berjaga-jaga membersihkannya untuk memperkecil penyebaran corona virus,” ujar Dr Simone Wildes, dokter penyakit menular dari South Shore Health New York.

SARS dan MERS yang juga merupakan “kerabat dekat” virus Covid-19 bisa menyebar lewat sentuhan permukaan benda yang terkontaminasi. Ilmuwan mengatakan, lebih baik bersikap hati-hati karena mereka masih mempelajari Covid-19.

“Jika Anda tidak membiarkan orang lain menyentuh ponsel Anda, risiko kontaminasinya lebih kecil. Jika ponsel itu terkontaminasi, risikonya lebih besar ketika Anda menempelkannya pada wajah Anda. Saya sarankan Anda membersihkan ponsel Anda,” kata Dr. David Cennimo, spesialis penyakit menular Rutgers University.

Dr Joseph Allen dari Harvard’s T.H. Chan School of Public Health mengatakan, benda elektronik harus rutin dibersihkan sesuai dengan pedoman dari pabrik. Tapi jika tak ada pedoman itu, sebagai gantinya Anda bisa mengusap permukaan ponsel Anda dengan alkohol 70%. (Putri Shaina)

Sumber: ABC
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers