web analytics
  

Kata Orang Tua Tentang Belajar dari Rumah untuk ABK

Sabtu, 18 Juli 2020 02:20 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Pendidikan, Kata Orang Tua Tentang Belajar dari Rumah untuk ABK, Anak Berkebutuhan Khusus,Belajar dari Rumah,Virus Corona,COVID-19,Pembelajaran Jarak Jauh

[Ilustrasi] Belajar dari rumah. (unsplash/anniespratt)

YOGYAKARTA, AYOBANDUNG.COM — Pandemi mengharuskan anak-anak belajar dari rumah. Tak terkecuali, seluruh jenjang sekolah dianjurkan belajar dengan metode daring. Termasuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) atau inklusi.

Dewi membagi ceritanya terkait anaknya Abil (17) yang harus belajar dari rumah selama pandemi. Saat diwawancara lewat pesan singkat, Kamis (16/7/2020), Dewi mengatakan, metode belajarnya adalah guru memberikan tugas melalui orang tua maupun komunikasi via Whatsapp. Kadang diselingi media audio visual, contohnya video untuk mengajak murid menghapal doa bersama.

Menurut Dewi, untuk anak berkebutuhan khusus seperti Abil pembelajaran daring kurang efektif untuk dilakukan. “Karena yang mereka butuhkan itu sosialisasi dan interaksi antarteman dalam belajar. Memberikan support antarteman ini memacu semangat belajar mereka,” tuturnya.

Guru-guru dan pengurus yayasan sekolah sangat terbuka dengan orang tua. Mereka bersedia diajak berbagi dan saling membantu meningkatkan perkembangan ABK baik sebelum pandemi maupun setelahnya.

Abil adalah anak dengan down syndrome. Abil saat ini bersekolah di jenjang SMP Ainul Yakin, sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Dewi menjelaskan, di sekolah tersebut satu guru bertugas mendampingi 4-5 siswa.

Dewi juga menjabarkan kegiatan di sekolah sebelum pandemi. Biasanya dimulai dengan doa pagi, salat duha bersama, terapi lalu baru masuk ke pembelajaran. Setiap sebulan sekali, sekolah mengadakan kegiatan menginap di sekolah selama satu malam.

“Saya udah senang anak saya bisa menikmati sekolah kembali. Berkat guru-guru, murid-murid, dan pengurus yayasan Ainul Yakin Special School yang sangat support,” ujar Dewi.  (Putri Shaina)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers