web analytics
  

Ini Profil Omas, Dari Pemain Lenong Jadi Artis

Kamis, 16 Juli 2020 23:07 WIB

Pelawak asal Betawi Omaswati atau Omas (Youtube Trans TV Official)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pelawak asal Betawi Omaswati atau Omas meninggal dunia pada Kamis (16/7/2020). Menurut keluarga, kondisi kesehatan Omas sudah lama menurun dan sempat dirawat di rumah sakit.

"Kemarin kan (kadar) gulanya lagi rendah," kata keponakan Omas, Ahmad Pule, saat dihubungi, hari ini.

Profil Omas

Omas merupakan saudara kandung pelawak Mandra dan Mastur. Perempuan kelahiran Jakarta, 3 Mei 1966 ini mengawali kariernya di dunia seni dengan bermain kesenian tradisional Betawi, Lenong.

Omas tergabung dalam grup Lenong Betawi bersama Okky Lukman dan kawan-kawan lainnya.

Dari panggung lenong, Omas mulai merambah dunia sinetron. Nama Omas makin melambung setelah bintangi sinetron Matahariku.

Di sinetron ini, Omas memainkan karakternya sendiri dengan gaya ceplas-ceplos.

Upik Abu dan Laura jadi sinetron selanjutnya yang dibintangi Omas. Lagi lagi ia kebagian memerankan karakter yang ceria.

Beberapa judul sinetron lain yang dibintang Omas antara lain Cinta Fitri (Musim 7), Yang Muda Yang Bercinta, Akibat Pernikahan Dini, Anak Anak Manusia, dan Fatih di Kampung Jawara.

Selain sinetron, Omas juga pernah mengisi program ASAL (Asli Apa Palsu) di Trans7. Namun sejak tahun 2017 dia tak sanggup lagi banyak syuting.

Selain berkarir di dunia hiburan, bersama dengan saudara-saudaranya Omas mendirikan PANGSI (Pelestarian Sanggar Seni Budaya Betawi) di Depok. Sanggar seni Betawi ini didirikan untuk terus melestarikan kesenian dan budaya Betawi yang mulai hilang tergerus zaman.

Omas meninggal dunia di usia 54 tahun. Kepergiannya meninggalkan tiga anak bernama Muhammad Rizky Dioambiah, Dinda Olivia, dan Dimas Aji Septian. Omas juga seorang janda karena telah bercerai dari suaminya pada tahun 2002 silam.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers