web analytics
  

Ini Alasan Brigjen Prasetijo Utomo Tak Hadir Upacara Pencopotan Jabatannya

Kamis, 16 Juli 2020 22:51 WIB

Upacara Pencopotan Jabatan Brigjen Prasetijo Utomo. (Suara.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Brigjen Prasetijo Utomo tidak menghadiri upacara pencopotan jabatan dirinya yang digelar di Gedung Bareskrim Polri, Kamis (16/7/2020). Prasetijo tidak menghadiri agenda tersebut karena dikabarkan sakit.

Meski begitu, upacara tetap berlangsung dengan dipimpin langsung oleh Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Sementara itu, Karo Renmin Bareskrim Polri akan mengganti posisi Brigjen Prasetijo dalam prosesi upacara tersebut.

"Brigjen Prasetijo yang seharusnya hadir pada upacara, namun karena yang bersangkutan sakit, jadi dilaksanakan diwakili Karo Renmin. Saya secara resmi sudah menerima penyerahan jabatan tersebut," kata Komjen Listyo seusai upacara.

Dalam kesempatan tersebut, Komjen Listyo menuturkan pihaknya akan tegas menindak anggotanya yang melakukan pelanggaran. Dengan kejadian tersebut, ia pun memberikan peringatan kepada seluruh anggotanya untuk tidak mengikuti hal serupa.

"Kalau tidak sanggup saya minta mundur," katanya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis resmi mencopot Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetyo Utomo dari jabatannya lantaran terbukti menyalahgunakan wewenang berkaitan dengan penerbitan surat jalan untuk buronan Djoko Tjandra.

Brigjen Prasetyo dicopot dari jabatannya dan dimutasi menjadi Perwira Tinggi (Pati) Yanma Mabes Polri.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Telegram (TR) Kapolri bernomor ST/1980/VII/KEP./2020 tertanggal 15 Juli 2020.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers