web analytics
  

Salat Iduladha di Masjid Bandung Maksimal 50 Persen

Kamis, 16 Juli 2020 22:22 WIB

Salat di Masjid (Irfan Al-Faritsi)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan salat Iduladha pada 31 Juli mendatang. Salah satu yang diatur yaitu total kapasitas masjid untuk melaksanakan salat hanya diperbolehkan menampung 50 persen jemaah.

"Salat Iduladha seperti edaran Wali Kota Bandung, ini tidak beda jauh dengan salat Idul (Fitri), protokol (kesehatan) tetap dijaga," ujar Kasubag Bina Sosial Keagamaan Kesra Kota Bandung, Nasrullah Jamalludin, Kamis (16/7/2020).

Menurutnya, para pengurus masjid harus membuat pernyataan dan menjamin penyebaran covid-19 terkendali dan memberitahukan kepada aparat kewilayahan. Katanya, masjid di tiap RW di Kota Bandung akan melaksanakan salat Iduladha.

"Kapasitas masjid 50 persen. Di lapangan diperketat dan panitia harus siap protokol kesehatan harus benar," katanya. Menurutnya, para jamaah harus membawa alat ibadah sendiri, hand sanitazer.

Namun, Nasrullah mengatakan untuk wilayah yang berstatus zona hitam belum diizinkan melaksanakan salat Iduladha. Katanya, pihaknya mengimbau agar jamaah menjaga protokol kesehatan.

"Jangan sampai salat ini jadi klaster covid baru. Jangan bersalaman dan berpelukan," katanya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers