web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Pemain Harus Swab Test Jelang Pertandingan, Ini Reaksi Persib

Kamis, 16 Juli 2020 18:19 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Swab Test (Humas Pemprov Jabar)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, Liga 1 20220 bisa saja digelar dengan beberapa persyaratan yang super ketat.

Namun untuk perizinan itu, GTPP Covid-19 memberikan beberapa syarat kepada PSSI dan PT LIB seperti pemain, ofisial, perangkat pertandingan, atau siapa pun yang ada di dalam stadion untuk melalui swab test dan tidak direkomendasikan menggunakan rapid test.

Setelah dinyatakan negatif dalam tahapan PCR, para pemain, ofisial, atau pun perangkat pertandingan harus dikarantina dan tidak diperbolehkan untuk bertemu orang selama beberapa hari sampai pertandingan Liga 1 dilaksanakan.

Padahal rencananya, Liga 1 akan bergulir kembali pada 1 Oktober dan berakhir pada 28 Februari 2021. Meski dalam Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020, kepastian kompetisi masih tetap bergantung terhadap situasi perkembangan virus corona.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar menilai, wacana pemain Liga 1 harus selalu menjalani Swab test hingga dikarantina sebelum bertanding cukup memberatkan. Umuh merasa syarat yang diberikan GTPP Covid-19 agar Liga 1 bisa dilaksanakan sesuai protokol kesehatan sulit untuk diterapkan.

Dia mencontohkan, Swab Test akan sangat sulit apabila harus dilakukan setiap pertandingan. Menurut Umuh, semua pihak akan kewalahan jika harus melakukan Swab Test di setiap pertandingan. Terlebih dalam jadwal normal, kompetisi biasanya dilaksanakan dua kali dalam sepekan.

"Kalau tiap pertandingan harus tes lagi, tes lagi, cape ya. Tidak mungkin bisa begitu orang mau bertanding. Tapi saya serahkan pada keputusan PSSI dan kita dukung ya. Yang jelas nomor satu, sama-sama enak," kata Umuh di Makodam III/Siliwangi, Kamis (16/7/2020).

Persib Bandung sendiri telah melaksanakan dua tahap Swab Test sebagai langkah pencegahan terjadinya penularan di tengah pandemi Covid-19. Mayoritas pemain, pelatih hingga ofisial tim telah menjalani tes usap tersebut.

Saat ini tersisa beberapa pemain yang belum mengikuti tes. Mereka di antaranya Supardi Nasir, Zulham Zamrum, dan Victor Igbonefo. Sedangkan untuk tiga pemain asing yakni Omid Nazari, Wander Luiz, dan Geoffrey Castillion akan melakukan pemeriksaan kesehatan Covid-19 di negaranya masing-masing.

Untuk Swab Test lanjutan nanti, Umuh  memercayakan segala keputusan kepada dokter tim Persib, M. Raffi Ghani. "Kita kan punya dokter Raffi ya, kita percayakan semua," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers