web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Begini Cara Buat Pakaian Tie-Dye Sendiri!

Kamis, 16 Juli 2020 16:33 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Kaus tie-dye bisa dibuat sendiri di rumah. (Getty Image/Christian Vierig)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tren tie-dye sempat bangkit lagi meski singkat di tahun 90-an, saat tren fesyen didominasi gaya surfer dan kaus band.

Saat pandemi seperti sekarang, orang-orang pun mencari kegiatan untuk mengurangi kebosanan. Tie-dye ini jadi salah satu jawabannya.

Mengutip Today.com, terdapat kenaikan hingga 462% pada pencarian kata kunci “tie-dye” di Pinterest. "Tie-dye adalah tren gaya yang dapat diadaptasi sebagai kegiatan DIY (do-it-yourself) di rumah," ujar perwakilan Pinterest, Larkin Brown.

Nah, supaya tidak tertinggal tren sekaligus mengisi waktu luang, kamu juga bisa membuat pakaian tie-dye sendiri di rumah. Bahannya hanya terdiri atas kaus katun putih polos dan pewarna pakaian. Untuk alat, siapkan wadah plastik dan rak kawat.

Langkah pertama, pastikan kamu mengenakan pakaian lama, antisipasi terjadi percikan. Isi wadah plastik dengan air dan rendam kaus katun selama 5 menit. Setelah itu buang airnya.

Untuk pewarnaan, jepit atau cubit bagian-bagian kaus dengan jari hingga terlihat jauh lebih kecil dan kusut di semua area kaus. Selanjutnya, remas kaus menjadi bola tetapi tetap jaga agar bagian yang dicubit tetap keriput.

Kemudian gunakan 2 atau 3 karet gelang untuk mengikat agar kaus tetap berbentuk bola. Karet gelang itu juga akan menambahkan pola unik mereka sendiri, karena pewarna tidak akan menembusnya.Setelah itu letakkan di rak kawat, di atas wadah plastik. Karena pewarna pasti akan mengalir ke bawah.

Untuk mencampur pewarna, selalu ikuti instruksi khusus dari merek yang diilih. Pewarna hanya akan bekerja maksimal selama sekitar 45 menit setelah pencampuran jadi jangan tambahkan air tambahan saat digunakan.

Kenakan sarung tangan dan mulai dengan warna pertama. Tuangkan sedikit pewarna pada titik acak di seluruh bagian kaus, termasuk pada lipatan kain. Namun pastikan masih terdapat bagian putih kausnya.

Ulangi langkah itu dengan corak-corak berikutnya. Warna mungkin akan tumpang tindih, menjadikannya sedikit kabur, tetapi itu juga bagian dari efek tie-dye. Balik kaus dan ulangi langkah-langkahnya sampai hasilnya sesuai keinginan Kamu.

Biarkan sisa pewarna menetes ke bawah, kemudian bungkus kaus dengan plastik wrap. Langkah ini akan memastikan kaus tetap lembab saat warna berkembang.

Semakin lama dibiarkan semakin cerah warnanya. Tip apabila ingin hasil warna pastel pudar tinggalkan selama 4 jam saja. Jika ingin lebih cerah biarkan kaus selama 8 jam. Letakkan di tempat yang hangat karena membantu pewarna berkembang.

Jika sudah, buka gulungan kaus dan bilas dengan air panas sampai air jernih. Kemudian cuci kaus dengan air hangat. Setelah pemakaian, untuk beberapa pencucian pertama, cuci kaus tie-dye baru kamu secara terpisah dari pakaian lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari pelunturan warna. (Ventriana Berlyanti)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers