web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Jurus Jitu Membuat Daging Merah Empuk Secara Alami

Kamis, 16 Juli 2020 16:28 WIB M. Naufal Hafizh

Daging merah butuh cara pengolahan yang tepat agar tidak alot setelah dimasak. (Unsplash.com/Changyoung Koh)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Apakah anda pernah memasak daging merah, entah itu sapi atau kambing, namun ketika anda coba ternyata alot atau keras? Tentu saja daging alot bisa membuat selera makan turun drastis dan akhirnya daging tersebut terbuang tidak tersentuh.

Lalu kerabat menyarankan menggunakan alat yang bernama panci presto, namun Anda belum sempat membeli atau mungkin belum memiliki bujet lebih. Tenang saja, ternyata ada beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengolah daging merah menjadi lebih empuk.

Anda terlebih dahulu harus memotong daging kecil-kecil dan berlawanan arah serat. Tip ketika merebus daging, Anda tidak boleh merebusnya dalam waktu yang lama, maksimal hanya 45 menit saja karena daging bisa kehilangan sari dan rasa gurih daging.

Setelah itu, Anda bisa menyiapkan berbagai bahan alami untuk campuran, baluran, atau rendaman daging sebelum dimasak agar daging terasa lebih enak dan memiliki cita rasa yang khas. Bahan-bahan ini diketahui dapat menghancurkan ikatan protein atau melunakkan serat daging dan membuatnya tidak alot setelah dimasak.

Pertama, langkah paling mudah adalah dengan menaburkan garam laut pada daging dan didiamkan terlebih dahulu sebelum dimasak.

Anda juga bisa membalurkan atau menaburkan kandungan vitamin C ke seluruh permukaan daging. Anda bisa menggunakan air perasan lemon atau tomat yang sudah dihancurkan menggunakan blender. Diamkan beberapa saat, sekitar 40-60 menit.

Ada juga cara yang mungkin sudah dikenal masyarakat, yaitu menggunakan daun pepaya. Daun pepaya memiliki enzim papain yang bisa melunakkan serat daging.

Caranya bungkus daging menggunakan daun pepaya, diamkan selama 30 menit sebelum dimasak. Bisa juga dengan memasukan bumbu-bumbu ke dalam bungkusan agar daging lebih kaya rasa.

Lalu jahe yang memiliki kandungan enzim proteolitik alami bisa anda gunakan untuk melunakkan serat daging. Parut atau iris terlebih dahulu jahe tersebut, lalu anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti sereh untuk membantu menghilangkan bau amis dari daging.

Terakhir, anda juga bisa menggunakan nanas sebagai jurus mengempukkan daging merah. Nanas memiliki enzim bromelin yang khasiatnya sama dengan enzim papain dalam daun pepaya. Haluskan nanas terlebih dahulu lalu balurkan ke permukaan daging minimal setengah jam sebelum daging dimasak. (Fariza Rizky Ananda)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers