web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Segudang Manfaat Serai untuk Kesehatan

Kamis, 16 Juli 2020 10:49 WIB

Serai. (Pixabay/Husky Kuma)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Serai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Serai banyak digunakan untuk berbagai hidangan baik makanan maupun minuman.

Salah satu manfaat serai adalah meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh. Dilansir dari Medical Daily, serai adalah makanan nabati yang daun dan minyaknya sering digunakan untuk membuat obat.

Namun serai tidak perlu diubah menjadi obat agar Anda dapat mengonsumsinya.

Serai terkenal karena sering digunakan dalam pembuatan teh herbal. Selain itu, serai digunakan dalam membuat sup dan sup sayur biasa serta persiapan nonvegetarian dan penyedap rasa.

Adapun manfaatnya bagi kesehatan, serai memiliki sifat antioksidan dan antimikroba, yang keduanya membantu melindungi Anda dari kondisi kesehatan dan penyakit.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa serai dapat menghentikan kerusakan gigi dengan memerangi bakteri yang menyebabkannya.

Selain itu, serai diyakini membuat pencernaan lebih baik sementara juga membantu merangsang laju metabolisme tubuh. Karena itu, dia dapat bertindak sebagai diuretik alami, mengeluarkan racun dari tubuh Anda dalam bentuk urine.

Selain itu, minyak esensial yang terkandung di daun serai bermanfaat memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers