web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Sanksi Warga Tidak Bermasker Dinilai Belum Tepat

Kamis, 16 Juli 2020 06:35 WIB Irpan Wahab Muslim

Ilustrasi (Pixabay)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berencana akan menerapkan sanksi mulai dari Rp 100 hingga Rp 150 ribu kepada warga yang tidak menggunakan masker untuk seluruh warga Jawa Barat. Namun kebijakan itu tidak sepenuhnya mendapatkan respon positif dari pemerintah di daerah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen menuturkan, sanksi berupa denda untuk warga Kabupaten Tasikmalaya yang tidak menggunakan masker belum tepat diterapkan. Jika denda itu diterapkan, Zen khawatir warga akan kaget yang tidak simpati kepada Pemerintah.

Justru pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, kata Zen, akan lebih menggencarkan pemakaian masker dan penerapan protokol kesehatan kepada warga daripada langsung memberikan sanksi berupa denda.

“Kalau kita langsung disanksi, saya rasa untuk di Kabupaten Tasik belum dulu diterapkan. Justru kita akan edukasi secara gencar. “ kata Zen, Rabu (15/7/2020).

Bahkan, puncak dari edukasi terhadap warga terkait protokol kesehatan dan penerapan pola hidup bersih itu akan dilakukan saat peringatan hari jadi Kabupaten Tasikmalaya yang akan digelar bulan Agustus mendatang.

“Nanti saat peringatan hari jadi, tidak akan digelar pesta rakyat atau kegiatan yang sifatnya ceremonial, kita fokuskan pada sosialisasi secara gencar kepada masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat, “ tambah Zen. 

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers