web analytics
  
Banner Kemerdekaan

101 Prajurit Pusdikpom Cimahi Berhasil Sembuh Covid-19

Rabu, 15 Juli 2020 22:31 WIB Tri Junari

Komandan Pusat Pendidikan Polisi Militer TNI Angkatan Darat Kolonel CPM Agus Wijanarko. (Tri Junari)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 101 orang prajurit TNI di Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) TNI Angkatan Darat, Kota Cimahi resmk dinyatakan negatif atau sembuh dari paparan Coronavirus Disease (Covid-19) setelah melakukan swab test kedua.

Komandan Pusat Pendidikan Polisi Militer TNI Angkatan Darat Kolonel CPM Agus Wijanarko mengatakan, hasil tes swab ini dilakukan pada 100 orang prajurit TNI di Pusdikpom, 98 orang dinyatakan negatif, Selasa (14/7/2020) sedangkan hasil negatif 2 lainnya baru keluar Rabu (15/7/2020).

"Kondisi terakhir tadi malam itu sudah muncul hasil dari swab Tes kedua dari 100 orang itu 98 negatif yang 2 dinyatakan rusak sampelnya, tapi tadi pagi jam 8 yang dua yang dinyatakan rusak sampel dinyatakan lagi hasilnya adalah negatif, Jadi per hari ini jam 9.00 seratus orang semuanya menyatakan negatif," kata Danpusdikpom Kolonel CPM Agus Wijanarko.

Kata Danpusdikpom seratus orang ini tidak ada gejala sama sekali, namun dinyatakan positif setelah dilakukan tes Covid-19.

"Dari awal 100 orang ini tidak gejala apapun tidak ada pusing tidak ada mual dada sesak napas tidak ada demam istilahnya adalah OTG orang tanpa gejala, jadi semuanya ini tidak ada yang merasa sakit apa pun sampai dengan hari ini tidak ada keluhan apapun mereka merasa sehat," Jelas Danpusdikpom.

Di Pusdikpom sendiri ada 100 orang yang dikarantina sejak awal setelah dinyatakan positif Covid-19, dikatakan 101 orang postif karena satu orang dikarantina terpisah karena dinyatakan positif di RS Dustira saat dia berobat di RS.

"100 orang ini yang saya karantina sejak awal dinyatakan positif, 1 itu dia pulang dari Dustira setelah di sana positif swab tes 2 kali negatif udah dikembalikan di Pusdikpom dan dia karantina mandiri terpisah dari yang 100 orang ini jadi kalau dikatakan 101 itu benar," Tutur Agus Wijanarko.

Kasus positif di Pusdikpom ini sendiri berawal dari tanggal 25 Juni lalu, seorang siswa yang sedang menjalankan pendidikan di Pusdikpom merasa sakit dan dirujuk ke RS Dustira. 

Namun, setelah dilakukan rapid test ternyata yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19 sehingga dan Pusdikpom mengambil inisiatif untuk berkoordinasi dengan Kesdam 3 Siliwangi dan Dinas Kesehatan Kota Cimahi untuk dilakukan test Covid-19 pada siswa dan pelatih di Pusdikpom.

"Berawal dari tanggal 25 Juni 1 orang siswa Dikmata berpangkat Prada sakit dirujuk ke RS Dustira, sampai disana dilakukan tes rapid yang bersangkutan positif. Tes Swab pertama negatif tes kedua positif, dari situ saya koordinasi dengan pihak Kesdam III Siliwangi dan Dinas Kesehatan Kota Cimahi untuk melakukan tes terhadap seluruh siswa dan Guru Militer dan pelatihan yang terlibat langsung sehingga muncul angka 99 orang positif," Terang Danpusdikpom.

Atas hasil itu, Danspusdikpom menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu penanganan pandemi Covid-19 di Pusdikpom TNI AD Cimahi.

"Kami haturkan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya Danpuspomad dan KSAD yang telah memberikan perhatian serta bantuan alat kesehatan selama penanganan,"ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers