web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Begini Kalibrasi Arah Kiblat Ala Imah Noong Observatorium

Rabu, 15 Juli 2020 21:10 WIB Tri Junari

Peneliti astronomi Imah Noong Observatorium melakukan Kalibrasi Arah Kiblat. (Tri Junari)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Peneliti astronomi di Imah Noong Observatorium, Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan kalibrasi arah kiblat saat posisi matahari tepat berada di atas Ka'bah pada Rabu (15/7/2020) jam 16.27 WIB.

Peneliti astronomi Imah Noong Observatorium Lembang Hendro Setyanto mengatakan, posisi matahari tepat berada di atas Ka'bah terjadi 2 kali dalam setahun. 

"Memang kali ini posisi matahari ada tepat atas ka'bah, terjadi dua kali setahun. Makanya banyak negara terutama Indonesia melakukan kalibrasi arah kiblat," ungkap Hendro saat ditemui di ImahNoong. 

Kendati demikian, penentuan arah kiblat bisa dilakukan setiap hari tanpa perlu menunggu posisi matahari tepat berada di atas Ka'bah. 

"Jadi kan penentuan arahnya itu menggunakan cahaya matahari yang memproyeksikan bayangan dari tongkat iswa. Tongkat iswa itu bisa berupa kayu atau lidi yang diberdirikan kemudian ditarik benang lurus untuk melihat proyeksi matahari. Nanti disesuaikan dengan azimuth matahari dan azimuth ka'bah," katanya. 

Penentuan arah kiblat tak mesti dilakukan oleh lembaga keagamaan terkait seperti MUI maupun Kementerian Agama, namun bisa dilakukan oleh setiap orang di rumah masing-masing. 

"Seperti yang saya bilang, lidi atau kayu itu bisa dijadikan patokan penentuan arah kiblat, atau namanya itu tongkat iswa. Dilakukan saja di rumah masing-masing," terangnya.

Namun pihaknya memiliki alat penentu arah kiblat bernama Mizwala Qibla Finder. Alat tersebut berbentuk bulat yang di atas papannya dipasangi tongkat istiwa untuk memproyeksikan bayangan matahari lalu menentukan arah kiblat. 

Mizwala Qibla Finder dibuat untuk memudahkan penentuan arah kiblat, tanpa harus selalu menunggu posisi matahari tepat di atas ka'bah selama ada sinar matahari. 

"Jadi dengan Mizwala Qibla Finder ini penentuan arah kiblat bisa setiap saat. Kalau sekarang memang momennya sangat pas karena posisi matahari tepat ada di atas ka'bah karena tidak semua punya alat penentu arah ka'bah," katanya. 

Saat digunakan, Mizwala Qibla Finder harus ditempatkan di bawah matahari. Bidang dial yang di atasnya ada grafis skala penentu arah bakal memproyeksikan bayangan matahari dengan tongkat istiwa yang ada di tengahnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers