web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Kendalikan Inflasi, Bank Indonesia Jabar Genjot Urban Farming di Bogor

Rabu, 15 Juli 2020 10:31 WIB Redaksi AyoBandung.Com

Program urban farming Bank Indonesia Jawa Barat dan Pemkot Bogor resmi dimulai (Ist)

LENGKONG, AYOBANDUNG,COM -- Bank Indonesia Jawa Barat bekerja sama dengan pemerintah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, terus berupaya menjaga denyut nadi perekonomian, daya beli masyarakat, dan ketersediaan bahan pangan strategis.

Kepala Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto mengatakan, kerja sama dengan pemerintah dilakukan sebagai upaya menjaga inflasi. 

"Hal ini sejalan dengan upaya percepatan pemulihan ekonomi melalui strategi yang berkesinambungan dan tersinergi dengan baik, serta sebagai bagian dari tim pengendali inflasi daerah (TPID)," paparnya melalui keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com, Rabu (15/7/2020).

Pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor memperkuat program masyarakat peduli inflasi dalam bentuk urban farming, yaitu pemanfaatan lahan terbatas.

Program urban farming yang saat ini dikembangkan, kata dia, merupakan konsep ekosistem terpadu antara sistem budi daya ikan air tawar  dengan konsep aquaponic sederhana.

"Budi daya saat ini berupa ikan lele yang terintegrasi dengan sistem produksi sayuran yaitu kangkung," paparnya.

Dalam skala yang lebih besar, aktivitas urban farming dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan guna menopang konsumsi dan kesejahteraan masyarakat. 

Hal ini sejalan dengan upaya menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat, khususnya pada penerapan tatanan adaptasi kebiasaan baru (AKB). 

Tidak hanya di Kota Bogor, penguatan program masyarakat peduli inflasi dalam bentuk urban farming  juga telah dilakukan di Kota Bandung.

Ke depan tiga kota penyumbang inflasi lainnya yaitu Bekasi, Depok, dan Sukabumi akan diimplementasikan program serupa.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian sosial dan dukungan, BI Jabar kembali memberikan bantuan berupa 500 paket sembako dan alat pelindung diri (APD). 

Penyerahan bantuan dilakukan di Kediaman Wali Kota Bogor, dan diterima langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya beserta jajaran Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Bogor..

Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat pada triwulan I/2020 melambat 2,72%. Dari sisi inflasi, Jabar pada Juni 2020 mencatat sebesar 0,32% (mtm), atau 2,75% (yoy). Sementara Kota Bogor mencatat inflasi sebesar 0,27% (mtm), atau 2,74% (yoy). 

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers