web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Dokter Persib Tegaskan Esensi Protokol Kesehatan Covid-19

Selasa, 14 Juli 2020 13:40 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Dokter tim Persib Bandung Raffi Ghani saat menyampaikan imbauan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (11/3/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Dokter tim Persib Bandung M Raffi Ghani menilai esensi protokol kesehatan dibuat untuk membuat semua orang bisa terhindar dari Covid-19.

Saat ini banyak protokol kesehatan yang dibuat berbagai pihak saat pandemi virus corona. Untuk lanjutan Liga 1 2020 sendiri, berbagai protokol kesehatan Covid-19 dibuat secara ketat, tak lepas dari kembali bergulirnya kompetisi pada Oktober 2020.

"Ini yang saya bilang, yang bikin protokol kesehatan banyak, ada Kemenkes, Gugus Tugas, PSSI Pusat, PSSI Jabar, tapi yang paling penting adalah apa esensinya. Yang paling penting adalah supaya jangan menular, jangan tertularkan, dan memutus mata rantai Covid," kata Raffi, di Graha Persib.

Semua orang harus menjaga sanitasi diri mulai dari memakai masker hingga tidak mengusap wajah dengan tangan kotor, katanya. Upaya tersebut untuk menghindari droplet secara langsung maupun tidak dari orang yang terinfeksi virus corona.

"Gimana caranya agar tidak tertular,  jangan kena droplet itu. Kalau kepegang ya cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak bicara. Jika kita ikuti protokol dengan baik diikuti pola hidup sehat, dan istirahat cukup, makan yang baik, tidur teratur, manage tingkat stres, insyaallah kita bisa menang lawan Covid," katanya.

Khusus untuk tim Persib Bandung, Raffi telah menyusun panduan protokol kesehatan untuk diterapkan saat latihan maupun pertandingan. Dia mengaku, protokol tersebut mengacu pada panduan Adaptasi Kebiasaan Baru untuk sepak bola.

"Acuannya tetap ke PSSI Pusat, PSSI Jabar, WHO dan Kemenkes, jadi saya buat protokol. Insyaallah sebaik mungkin untuk esensi protokol ini. Makanya saya selalu memberikan pengarahan pada pelatih, pemain, dan ofisial agar mereka bisa mengetahui esensi protokol kesehatan yang kita lakukan sama-sama," ujarnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers