web analytics
  

SMPN 1 Cipongkor Gelar MPLS Secara Online

Rabu, 15 Juli 2020 18:04 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, SMPN 1 Cipongkor Gelar MPLS Secara Online, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS),MPLS Daring,SMPN 1 Cipongkor

MPLS Daring di SMPN 1 Cipongkor. (Tri Junari)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 132 siswa baru di SMPN 1 Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) daring jaringan (Daring)/online).

Ini dikarenakan status level kewaspadaan KBB yang masih belum aman dari Covid-19 dan belum masuk zona hijau, sehingga MPLS terpaksa dilakukan tidak dengan tatap muka.

Kepala SMPN 1 Cipongkor, Dadang Arifin mengatakan, MPLS merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang diselenggarakan sekolah.

Meskipun dilakukan daring, momentum ini harus dimanfaatkan siswa baru untuk mengenal lingkungan institusi pendidikan dan adaptasi kegiatan belajar mengajar di lingkungan yang baru.

"MPLS tahun ini dilakukan virtual dan diikuti 132 siswa baru selama tiga hari. Meski dilakukan virtual kami tetap mengedepankan nilai-nilai karakter dalam pelaksanaannya," kata Dadang, Rabu (15/7/2020).

Menurutnya, ini sebagai bentuk dukungan kebijakan Dinas Pendidikan (Disdik) KBB dalam menyelenggarakan MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021.

Pada pelaksanaannya juga dikombinasikan dengan kegiatan luar jaringan (luring) dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Seperti memakai masker, jaga jarak, selalu sedia hand sanitizer, dan rajin mencuci tangan pakai sabun.

Pada moda daring, sekolah menayangkan profil sekolah melalui layanan media sosial atau youtube, sedangkan saat tatap muka protokol kesehatan wajib dilakukan agar terhindar dari paparan virus.

Para peserta mendapatkan bimbingan dalam hal meningkatkan penguatan pendidikan karakter, seperti menjaga kebersihan diri, membantu orang tua dan tetap menjaga nilai-nilai akhlak.

"Meski dilakukan virtual tidak mengurangi substansi materi yang diberikan. Bagaimana MPLS ini menjadi kegiatan yang bermanfaat, edukatif, kreatif, serta menyenangkan sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016," ucapnya.

Lebih lanjut Dadang menyebutkan, MPLS bertujuan untuk memperkenalkan siswa baru pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib sekolah.

Kemudian, memperkenalkan dan menyatukan peserta masa pengenalan lingkungan sekolah dengan warga sekolah lainnya, dalam rangka membangun lingkungan sosial sekolah yang menyenangkan, inspiratif, edukatif, dan kondusif.

"Bagaimana kegiatan ini mampu menciptakan karakter individu unggul sinergitas dari visi AKUR (Aspiratif, Kreatif, Unggul, dan Religius). Serta menanamkan wawasan wiyata mandala sehingga siswa memiliki ahlak, budi pekerti, sikap mental, dan spiritual yang baik," pungkasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers