web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Ini Aturan Salat Iduladha di Bekasi saat Pandemi Covid-19

Rabu, 15 Juli 2020 16:54 WIB Firda Puri Agustine

[Ilustrasi] Umat muslim melaksanakan ibadah salat Id dengan mengenakan masker di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (24/5/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BEKASI SELATAN, AYOBANDUNG.COM – Pemerintah Kota Bekasi mengeluarkan surat edaran soal mekanisme serta aturan salat Iduladha di masjid dan lapangan saat pandemi Covid-19.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan, aturan tersebut dibuat agar bisa dipatuhi masyarakat agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas.

“Kita tetap tidak boleh anggap remeh, tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan yang ada,” kata pria yang akrab disapa Pepen saat dihubungi Ayobekasi.net (Ayo Media Network), Rabu (15/7/2020).

Beberapa poin aturan tersebut di antaranya wajib membawa peralatan salat seperti sajadah sendiri, pembatasan jemaah di pintu masuk dan keluar masjid, setiap masjid wajib menyediakan fasilitas cuci tangan, dan pemberlakuan jarak aman minimal satu meter.

“Harus ada cek suhu juga. Jadi kalau yang suhunya 37,5 (derajat Celsius) ke atas setelah dicek dua kali masih sama, tidak bisa masuk,” ujarnya.

Adapun izin bagi masjid atau lapangan menggelar salat Iduladha tak berbeda dengan penerapan pada salat Idulfitri beberapa waktu lalu. Masjid yang berada di zona hijau Covid-19 diperbolehkan menggelar salat berjamaah. Namun hal itu tidak berlaku bagi masjid yang berada di zona merah.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers