web analytics
  

Polres Majalengka Gagalkan Penipuan Bermodus Rekayasa Perampokan

Rabu, 15 Juli 2020 15:51 WIB Erika Lia

Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso (Ist)

MAJALENGKA, AYOBANDUNG.COM -- Polres Majalengka berhasil menggagalkan upaya penipuan dengan modus rekayasa perampokan.

Tersangka DW (62) warga Desa Tegalsari, Kecamatan Maja, Majalengka ditangkap karena membuat laporan palsu ke pihak kepolisian.

“Kita bawa ke TKP dan ada banyak kejanggalan. Setelah dilakukan introgasi, pelaku akhirnya mengaku perbuatannya,” kata Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso didampingi Kasat Reskrim Polres Majalengka, AKP M Wafdan, Rabu (15/7/2020).

Tindak pidana membuat laporan palsu, kata Teguh, dilakukan DW ke Polsek Sukahaji. Adapun kronologis kejadian yaitu pada Senin (6/7/2020) tersangka yang berprofesi sebagai sopir mobil membawa muatan berupa sayuran ke Pasar Jagasatru Cirebon.

Setelah itu, pelaku kembali membawa uang hasil penjualan sebanyak Rp11.800.000 dan di sekitar Jalan Desa Cikalong tersangka membuat cerita seolah olah dia dirampok orang tidak dikenal. 

Dia mengaku dipepet mobil tidak dikenal dengan penumpang sebanyak tiga orang rambut cepak dan bertato menodongkan senjata api mengambil uang hasil penjualan sayur.

Setelah itu tersangka melaporkan kepada pemilik sayuran dan pemilik mobil, guna meyakinkan laporanya, tersangka memecahkan kaca mobil menggunakan kunci roda. Selanjutnya tersangka membuat laporan polisi seolah olah terjadi pencurian dengan kekerasan tersebut.

Kronologis penangkapan yaitu bermula dari hasil cek TKP dilihat banyak kejanggalan. Sehingga kemudian dilakukan penyelidikan dan introgasi terhadap pelapor atau yang telah ditetapkan tersangka.

Dan kemudian tersangka langsung mengakui kejadian tersebut hanya rekayasa dan uang hasil perbuatanya berhasil diamankan dari pelaku, namun sudah terpakai Rp50.000. Selanjutnya tersangka dan barang bukti diamankan ke Polres Majalengka.

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers