web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Anggaran Pemulihan Ekonomi UKM Baru Cair 24%

Rabu, 15 Juli 2020 14:59 WIB M. Naufal Hafizh

Teten Masduki Menteri Kementerian Koperasi dan UKM. (Dok. Humas KemenKopUKM)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki mengungkapkan, hingga saat ini, pihaknya sudah menggunakan 24% dari total anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp124 triliun.

Teten menjabarkan, anggaran ini digunakan untuk membantu Koperasi dan UKM yang terdampak pandemi virus corona covid-19.

"Nah, ini untuk di koperasi sudah sekitar 24%, lalu target kita di akhir Juli bisa 50%, program PEN kan sampai September ya, insyaallah sebelum September sudah 100%," kata Teten dalam diskusi dari BNPB, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Teten menambahkan, mitra Kementerian Koperasi dan UKM sudah ada 40 koperasi seluruhnya sudah mendapatkan dana relaksasi dari PEN 100%.

“Ini juga tergantung koperasinya. Karena ketika usahanya terganggu, tapi kita berikan modal kerja baru juga ada yang menolak,” ucapnya.

Teten mengimbau para Koperasi dan UKM harus beradaptasi dengan kebutuhan pasar di tengah pandemi virus corona seperti membuat barang kebutuhan rumah tangga karena orang mulai banyak yang berada di rumah saat ini.

"Ketika orang diam di rumah, demand-nya geser, kita arahkan UMKM seperti usaha batik untuk bikin pakaian rumah seperti daster, celana pendek, dan omzetnya bisa 3 kali lipat,” tutur Teten.

Selain itu, Koperasi dan UKM juga bisa memproduksi alat-alat kesehatan seperti masker, sarung tangan, alat kebersihan dan sebagainya. Teten menyebut pihaknya siap membantu mendampingi.

"Kita carikan supplier bahannya dan perusahaan yang bisa menyerap produksinya,” tuturnya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers