web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Minum Kopi Sebelum Sarapan Bikin Sakit Perut?

Rabu, 15 Juli 2020 05:15 WIB

[Ilustrasi] Minum kopi sebelum sarapan. (Pixabay/Karolina Grabowska)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Meminum kopi sebelum sarapan dianggap bisa membuat perut sakit. Akibatnya, seseorang sering bolak-balik ke toilet. Namun, benarkah anggapan tersebut?

Dilansir dari Health24, umumnya, lambung dan usus kecil menyerap kafein, yang terjadi dalam waktu 45 menit setelah dikonsumsi. Ketika minum dalam jumlah yang wajar (sekitar 4 cangkir sehari), kopi bahkan dapat membantu mencegah penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit hati.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kopi memiliki efek positif pada microbiome Anda, memberikan antioksidan yang berharga.

Melihat orang yang menderita mulas, regurgitasi, dan dispepsia, para peneliti menemukan bahwa tidak ada perbedaan antara keparahan kondisi ini baik responden itu minum kopi dengan perut kosong atau tidak, terlepas dari jenis kopi.

Selain itu, tidak ada hubungan yang ditemukan antara minuman pahit dan kondisi lambung seperti penyakit gastroesophageal reflux, tukak lambung, gastritis dan kanker lambung.

Aspek lain yang telah diteliti adalah efek kopi pada kadar kortisol, hormon stres tubuh. Mengonsumsi kopi pertama di pagi hari dapat mengganggu kadar kortisol alami yang berfluktuasi sepanjang hari, tetapi apakah makanan di perut Anda memengaruhi ini belum diketahui.

Sebuah penelitian dari Psychosomatic Medicine menemukan bahwa mengonsumsi kafein setiap hari mengurangi efek kopi terhadap kadar kortisol. Oleh karena itu, mungkin aman untuk mengasumsikan bahwa peminum sehari-hari lebih siap untuk menangani kopi dengan perut kosong.

Meski sains masih belum memiliki jawaban pasti, semuanya kembali pada kondisi tubuh. Jika Anda merasa baik-baik saja, maka tidak perlu mengubah jadwal kopi tersebut.

Namun jika perut tidak terasa terlalu enak setelah secangkir kopi sebelum sarapan, mungkin inilah saatnya untuk mengubah keadaan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers