web analytics
  

Persib Tak Tutup Kemungkinan Lakukan Swab Test Ulang Bagi Pemain

Selasa, 14 Juli 2020 13:00 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Dokter tim Persib Bandung, M. Raffi Ghani (Ayobandung.com/Eneng Reni)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Dokter tim Persib Bandung, M. Raffi Ghani mengatakan timnya telah melaksanakan swab test sebagai langkah pencegahan terjadinya penularan virus corona.

Sebagai klub sepak bola profesional, Persib banyak dihuni pemain dari berbagai daerah hingga pemain asing. Pemeriksaan kesehatan Covid-19 ini pun menjadi bagian yang harus dilakukan tim sebelum kembali dikumpulkan dan berkompetisi. 

"Ini kan sebetulnya tes PCR itu biasanya untuk yang bergejala ke arah tanda covid 19. Tapi tes ini kita lakukan, awal karena baru gabung dari tiap daerah. Setelah hasil PCR negatif, kita ikuti protokol kesehatan dengan baik. Artinya jangan menularkan dan tertularkan sebagai upaya memutus mata rantai covid-19," kata Raffi di Graha Persib.

Sudah 60 orang dari tim Persib yang telah mengikuti tes usap ini. Mereka terdiri dari pemain, pelatih, dan ofisial klub. Dalam swab test ini, ada 48 peserta di tahap pertama dan 12 peserta di tahap kedua.

Saat ini tersisa beberapa pemain yang belum mengikuti tes. Mereka di antaranya Supardi Nasir, Zulham Zamrum, Victor Igbonefo, Omid Nazari, Wander Luiz, dan Geoffrey Castillion.

Kendati demikian, menurut Rafi, Persib tidak menutup kemungkinan akan melakukan swab test ulang kepada pemain yang sudah melakukan tes tersebut. Salah satunya kepada pemain yang telah menjalani perjalanan panjang dari luar negeri.

Sedianya, surat kesehatan negatif Covid-19 menjadi syarat wajib setiap negara apabila ada warganya yang akan melakukan perjalanan luar negeri di tengah pandemi Covid-19. Namun lanjut Raffi, melihat situasi saat ini, pemain tersebut bisa saja kembali menjalani Swab tes saat tiba di Bandung.

"Ikuti protokol kesehatan dengan baik. Nanti kalau ada kesempatan kita bisa lakukan lagi tes PCR. Tergantung kondisi dan situasi di tengah pandemi virus corona," ujarnya.

 

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers