web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Bandung Diharapkan Tembus 5 Persen

Selasa, 14 Juli 2020 19:04 WIB Mildan Abdalloh

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi (Pixabay)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Covid-19 memberi dampak terhadap ekonomi masyarakat, kendati demikian Pemerintah Kabupaten Bandung masih menargetkan terjadi pertumbuhan ekonomi.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bandung, Marlan, mengatakan adanya pandemi covid-19 sangat berpengaruh tehadap laju pertumbuhan ekonomi secara nasional, sehingga dimungkinkan terjadi penurunan di daerah.

"Di nasional dampak covid-19 ini ekonomi menjadi minus 3. Mudah-mudahan di Kabupaten Bandung tidak sampai segitu," tutur Marlan, Selasa (14/7/2020).

Walaupun banyak industri terdampak negatif, namun sebagian industri yang ada di Kabupaten Bandung masih bisa bertahan, bahkan beberapa diantaranya mengalami peningkatan.

Dampak yang paling dirasakan akibat pandemi covid-19 berada pada sektor pariwisata, mengingat selama beberapa bulan aktivitas pariwisata berhenti total.

Padahal sektor pariwisata berdampak pada ekonomi masyarakat. Seperti UMKM, kuliner dan sumber penghasilan masyarakat di sekitar tempat pariwisata turut terdampak oleh tidak beroperasinya objek wisata di Kabupaten Bandung.

Marlan mengatakan, untuk kembali menggeliatkan pariwisata, Pemkab Bandung mulai bulan depan akan melakukan promosi pariwisata salah satunya dengan menggelar bazar atau pameran budaya.

Dengan program tersebut diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisata dan secara tidak langsung membangkitkan ekonomi masyarakat.

"Diharapkan ekonomi Kabupaten Bandung bisa tetap tumbuh, paling tidak minimal diangka 5%," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers