web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Hakim Berharap Buruh Berdamai dengan CV Sandang Sari

Selasa, 14 Juli 2020 14:37 WIB Fichri Hakiim

Ilustrasi. (Pixabay)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan buruh tekstil CV Sandang Sari Bandung menjalani sidang gugatan di Pengadilan Negeri Kelas 1A Khusus Bandung, Selasa (14/7/2020). Dalam sidang ini, perusahan menutut buruh membayar lebih dari Rp12 miliar.

Perusahaan menganggap buruh melakukan Perbuatan Melawan Hukum, yakni melakukan unjuk rasa dan melakukan mogok kerja secara tidak sah.

Dalam persidangan kali ini, Ketua Hakim Daryanto mengatakan, "Dalam persidangan ini diharapkan kedua belah pihak bisa berdamai."

Sementara itu, Lembaga Bantuan Hukum sekaligus kuasa hukum buruh Rifky Zulfikar mengatakan, agenda hari ini hanya pemeriksaan kepada pihak tergugat. "Jumlah buruh yang di bawah LBH itu sekitar 145 orang," tuturnya.

Rifky juga mengatakan, dalam kasus ini banyak terdapat kejanggalan. "Dalam gugatan Rp12 miliar, terlihat ada kejanggalan dalam kasus ini. Tak wajar jika perusahaan menuntut para buruh," katanya.

Sidang yang berlangsung dengan agenda pemanggilan pihak tergugat ini pun dihadiri pengacara CV Sindang Sari, Yogi.

"Sidang hari ini telah sesuai dengan agenda. Para pihak yang belum hadir kemudian dipanggil. Hari ini agendanya pemanggilan pihak tergugat," ujarnya.

Sidang berikutnya akan digelar Selasa (21/7/2020) pukul 09.00 WIB.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers