web analytics
  
Banner Kemerdekaan

4 Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan

Selasa, 14 Juli 2020 10:47 WIB

Ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak orang yang menganggap bahwa jalan kaki setelah makan tidak baik. Padahal berjalan setelah makan nyatanya memiliki berbagai manfaat. Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki setelah makan, antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat potensial utama yang terkait dengan berjalan setelah makan adalah peningkatan pencernaan. Gerakan tubuh dengan jalan kaki dapat membantu pencernaan dengan mendorong stimulasi lambung dan usus yang menyebabkan makanan bergerak lebih cepat.

Selain itu, aktivitas fisik rendah hingga sedang setelah makan dapat memiliki efek perlindungan pada saluran gastrointestinal. Bahkan, jalan setelah makan telah terbukti mencegah penyakit seperti tukak lambung, mulas, sindrom iritasi usus (IBS), penyakit divertikular, sembelit dan kanker kolorektal.

2. Menjaga kadar gula darah

Manfaat lain dari jalan kaki setelah makan adalah peningkatan manajemen gula darah. Hal ini sangat penting bagi orang dengan diabetes tipe 1 dan 2. Berolahraga setelah makan dapat mencegah lonjakan gula darah yang berlebihan sehingga mengurangi jumlah insulin atau obat oral yang diperlukan oleh penderita diabetes.

Sebuah studi tahun 2016 pada orang dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa berjalan ringan selama 10 menit setiap setelah makan lebih baik daripada berjalan selama 30 menit pada suatu waktu tertentu untuk manajemen gula darah.

3. Membantu penurunan berat badan

Untuk membantu penurunan berat badan, Anda harus mengalami pengurangan kalori. Hal ini berarti Anda harus membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Berjalan setelah makan dapat membantu Anda mencapai pengurangan kalori yang dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Membantu mengatur tekanan darah

Berjalan setelah makan juga dapat membantu mengatur tekanan darah sampai batas tertentu. Beberapa studi menyatakan tiga kali jalan kaki 10 menit setiap hari bisa membantu penurunan tekanan darah.

Terlebih lagi, beberapa kali berjalan kaki selama 10 menit sepanjang hari tampaknya lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah daripada satu sesi berjalan denga waktu yang lebih lama.

Meski berjalan setelah makan bermanfaat, beberapa orang bisa merasakan efek samping negatif yang sangat sediki,  seperti gangguan pencernaan, diare, mual, gas, dan kembung. Kondisi ini bisa terjadi ketika makanan yang baru saja dimakan bergerak di dalam perut Anda, menciptakan lingkungan yang kurang ideal untuk pencernaan.

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala-gejala ini, cobalah untuk menunggu 10–15 menit baru jalan kaki setelah makan dengan intensitas rendah.

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers