web analytics
  

Menatap Cahaya Merah Tua Dapat Perbaiki Penglihatan

Senin, 13 Juli 2020 03:53 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Menatap Cahaya Merah Tua Dapat Perbaiki Penglihatan, Mata Sehat,Kesehatan Mata,hidup sehat,Sehat

Ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menyoroti cahaya merah tua ke mata manusia selama tiga menit per hari dapat memperbaiki penglihatan. Hal ini diungkapkan oleh peneliti dari University College London melalui The Journals of Gerontology.

Sebelumnya, studi serupa pernah dilakukan pada lebah, tikus, dan lalat buah. Ini pertama kalinya studi dilakukan pada manusia.

Dalam studi ini, tim peneliti melibatkan 24 orang partisipan berusia 28 hingga 72 tahun dan semua partisipan tak mengalami masalah mata. Para partisipan menjalani serangkaian tes untuk menilai seberapa baik mereka melihat, termasuk melihat dalam gelap.

Setelah itu, tim peneliti menyoroti mata paratisipan dengan sebuah senter LED 670nm kecil yang memancarkan cahaya merah. Hal ini dilakukan tiga menit per hari selama dua minggu.

Tim peneliti lalu melakukan melakukan serangkaian tes kembali untuk menilai penglihatan para partisipan. Dari hasil ini tim peneliti melakukan perbandingan sebelum dan setelah.

Seperti dilansir Health 24, tim peneliti tak menemukan perbedaan berarti pada partisipan muda. Akan tetapi, partisipan berusia di atas 40 tahun mengalami perbaikan penglihatan.

Penglihatan para partisipan berusia di atas 40 tahun tersebut membaik sekitar 20 persen dalam melihat warna, khususnya warna biru. Penglihatan mereka di dalam gelap juga membaik cukup signifikan.

Perbaikan ini bisa terjadi karena berkaitan dengan mitokondria. Tim peneliti menjelaskan bahwa mitokondria memengaruhi kecepatan dari proses penuaan. Energi yang dihasilkan mitokondria untuk menunjang fungsi-fungsi sel menurun seiring dengan bertambahnya usia.

"Energi yang mereka sediakan utuk fungsi sel dalam bentuk adenosine trhiphosphate (ATP) menurun seiring dengan usia," ungkap tim peneliti.

Kondisi tersebut turut mempengaruhi fotoreseptor pada manusia. Fotoreseptor berperan dalam merespons cahaya dan juga menerima warna. Bila dibandingkan dengan organ lain di dalam tubuh, mata manusia menua jauh lebih cepat.

Di sisi lain, mitokondria memiliki kemampuan untuk menyerap sumber cahaya tertentu. Cahaya merah yang disorotkan pada mata dapat diserap oleh mitokondria. Semakin panjang gelombang tersebut, semakin baik pula performa mitokondria.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers