web analytics
  

Perbaiki Postur Tubuh Saat Kerja di Rumah

Selasa, 14 Juli 2020 01:48 WIB

Ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Selama pandemi Covid-19, orang-orang mulai terbiasa dengan sistem bekerja dari rumah. Sebagian pegawai mungkin bekerja dengan laptop sambil membungkuk di sofa atau tempat tidur. Posisi tubuh yang kurang baik saat bekerja ini dapat memengaruhi postur tubuh.

Tubuh yang membungkuk dengan leher menjulur ke depan atau dengan posisi bahu tidak tegap akan memengaruhi otot tubuh. Dalam posisi tersebut, otot akan bekerja lebih keras untuk memastikan kepala tetap sejajar.

"Otot-otot bekerja keras untuk memastikan kepala realtif tetap sejajar dengan panggul Anda," ungkap spesialis bedah ortopedi Dr Rahul Shah dari Premier Orthopaedic Associates, seperti dilansir Fox News.

Shah menjelaskan, postur tubuh yang tidak tepat ini dapat menyebabkan cedera atau iritasi kecil pada tubuh. Alasannya, otot menjadi lebih mudah lelah ketika postur tubuh dalam posisi yang tidak proporsional.

Kabar baiknya, masalah ini dapat diatasi dengan solusi yang sederhana. Salah satunya dengan membuat meja dan tempat duduk berada dalam ketinggian yang pas saat bekerja di rumah. Pastikan ketinggian meja dan tempat duduk tidak membuat tubuh harus membungkuk atau menjulurkan leher ke depan saat bekerja.

Selain menyesuaikan ketinggian meja dan tempat duduk, cara lain yang bisa dilakukan adalah olahraga. Olahraga yang rutin dapat membangun stamina dan membuat otot menjadi prima.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers