web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Hampir 2.000 ODP dan PDP di Jabar Meninggal Dunia

Senin, 13 Juli 2020 15:49 WIB Nur Khansa Ranawati

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengumumkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia di Jabar, Senin (13/7/2020) (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengumumkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia di Jabar. Mereka adalah warga yang meninggal dunia tanpa diketahui hasil lebih lanjut dari pengetesan Covid-19.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, hingga saat ini terdapat total 1.950 ODP dan PDP yang meninggal dunia. Mayoritasnya berasal dari angka PDP.

"Mereka adalah yang meninggal dalam status yang belum tentu positif. Karena berdasarkan arahan, yang dilaporkan adalah yang meninggal dan sudah di-swab dengan hasil positif Covid-19," ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil dalam konferensi pers di Makodam III Siliwangi Bandung, Senin (13/7/2020).

Dia mengatakan, jumlah ODP yang meninggal dunia sebanyak 138 orang, dan PDP sebanyak 1.631 orang. Ada pula seorang OTG (orang tanpa gejala) yang dinyatakan meninggal dunia.

"Kalau yang positif Covid-19 dan meninggal dunia sebanyak 180 orang," ungkapnya.

Emil mengatakan, data ODP, PDP, dan OTG yang meninggal dunia tersebut ke depannya akan ditampilkan di situs Pikobar. Dengan begitu, masyarakat umum dapat mengakses data tersebut.

"Data itu mulai hari ini dan besok sudah ada di Pikobar untuk siapapun yang mau mengetahui kondisi yang meninggal dunia," ungkapnya.

Namun, dia meminta agar data tersebut tidak diterjemahkan sebagai jumlah warga yang meninggal karena Covid--19. Pasalnya, para ODP, PDP, dan OTG belum terbukti meninggal karena wabah tersebut.

"Bisa saja penyakitnya buka Covid-19, tapi di mudik jadi masuk ODP.Tolong tidak terjemahkan kasus ini sebagai kasus positif Covid-19. Ini adalah ODP dan PDP yang belum tentu positif," tuturnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers