web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Terhenti Akibat Pandemi, Kontes Ketangkasan Adu Domba Kembali Digelar

Minggu, 12 Juli 2020 16:07 WIB Tri Junari

Kontes Ketangkasan Adu Domba. (Ayobandung.com/Tri Junari)

KADUNGORA, AYOBANDUNG.COM -- Setelah beberapa bulan terhenti akibat pembatasan aktivitas selama pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), kontes seni ketangkasan adu domba di Jawa Barat mulai kembali digelar.

Pantauan Ayobandung.com di Pamidangan Putra HM, Kampung Bojong Bungur, Desa Mandalasari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Minggu (12/7/2020) nampak antusias para pemilik domba adu dari berbagai daerah di Jawa Barat cukup tinggi.

Sejak tengah malam komunitas peternak domba menggunakan mobil bak terbuka mulai berdatangan untuk memperoleh nomor antrian tanding. Mereka tidak sabar untuk kembali unjuk gigi dalam kontes budaya ini setelah berhenti 4 bulan.

Pamilon Padepokan Pasanggrahan 20 Tanjungsari, Sumedang, H Adeng mengaku sengaja datang ke Garut setelah 4 bulan kontes ditiadakan. 

Hari ini merupakan kontes adu domba perdana setelah mendapat izin dari Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Jawa Barat.

"Sudah 4 bulan kontes ditiadakan, baru hari ini kembali digelar. Makanya ramai yang datang,"katanya.

Meski kontes dimulai, penonton maupun pemilik domba tetap harus mematuhi aturan standar kesehatan Covid-19 seperti penggunaan masker, jaga jarak dan mencuci tangan.

"Pengelola pamidangan sudah menyediakan tempat cuci tangan, kami juga diimbau jaga jarak dan menggunakan masker," sebutnya.

Menurutnya, kontes ketangkasan adu domba memberi dampak positif pada penjualan ternak domba dan kambing peternak. Ia juga berharap kontes ini meningkatkan pamor penjualan hewan kurban tahun ini.

"Kontes ini meningkatkan pamor dan nilai jual ternak, harapannya semoga dengan adanya lagi kontes penjualan hewan kurban semakin meningkat,"tandasnya.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers