web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Untuk Pertama Kalinya, Trump Pakai Masker di Ruang Publik

Minggu, 12 Juli 2020 08:40 WIB

Presiden AS Donald Trump mengenakan masker. (AP)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya memakai masker untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai. Trump memakai masker saat mengunjungi rumah sakit militer Walter Reed untuk bertemu para tentara yang terluka dan petugas kesehatan, Sabtu (11/7) waktu AS.

"Saya tidak pernah menentang masker tapi saya yakin ada waktu dan tempatnya," kata Trump saat meninggalkan Gedung Putih, seperti dilansir dari BBC, Ahad (12/7/2020).

Sebelumnya ia mengatakan tidak akan memakai masker dan mencela lawan politiknya dalam pemilihan presiden bulan November mendatang, Joe Biden yang memakai masker di ruang publik. Tapi ia mengubah nadanya dalam isu pemakaian masker.

"Saya pikir ketika berada di rumah sakit, terutama di kondisi tertentu, di mana Anda berbicara dengan banyak tentara dan orang, di kasus-kasus tertentu, baru saja dari meja operasi, saya pikir hal yang bagus untuk memakai masker," katanya.  

Di stasiun televisi Fox Business Network pekan lalu Trump mengatakan 'saya (mendukung) penuh masker'. Ia menambahkan ia 'menyukai' penampilannya dengan masker karena membuatnya tampak seperti Lone Ranger, koboi fiksi yang menegakan keadilan bersama rekannya Tonto.

Sejak bulan April lalu Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) AS sudah meminta masyarakat memakai masker atau menutup wajah dengan kain demi menahan laju penyebaran virus korona. Saat itu Trump mengatakan ia tidak akan mengikuti anjuran tersebut.

"Saya pikir saya tidak akan melakukannya, memakai masker wajah ketika bertemu presiden, perdana menteri, diktator, raja, ratu, saya tidak melihatnya," kata Trump.

Sejumlah media melaporkan banyak staf presiden yang meminta Trump memakai masker selama di ruang publik. Dalam 24 jam terakhir AS melaporkan 66.600 kasus infeksi. Sejak pandemi terdeteksi sudah 135 ribu warga Negeri Paman Sam yang meninggal dunia karena virus corona.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers