web analytics
  

Jurus Ampuh Atasi Perundungan

Minggu, 12 Juli 2020 08:30 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Jurus Ampuh Atasi Perundungan, Perundungan

Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Terkadang, perundungan tak bisa terhindarkan. Andaikan terpaksa mengalaminya dan tak bisa menghindar, ada beberapa langkah untuk mengatasinya yang disarankan oleh psikolog klinis Astrid Wen

"Pertama kita tetap tenang dan sebisa mungkin kita abaikan," ungkap Astrid dalam Online Talkshow: Lawan Bullying dengan Komedi yang dihelat Allianz Indonesia dengan EDU Foundation, Jumat (10/7).

Astrid mengatakan, jika berani, coba minta pelaku untuk menghentikannya. Caranya adalah dengan mengatakan dengan lantang bahwa kita meminta pelaku untuk berhenti melakukan perundungan.

Jika kita sudah meminta untuk berhenti dan gangguan semakin meresahkan, sebaiknya melapor kepada pihak otoritas. Jika perundungan terjadi di lingkungan sekolah, maka pelaporan bisa dilakukan kepada guru yang bisa dipercaya, peduli dengan murid, dan yang memahami bagaimana cara menanganinya.

Identitas pelapor juga sebaiknya disimpan rapat-rapat agar perundungan tak terjadi pula kepada pelapor. Pihak otoritas pun sebaiknya melakukan investigasi secara objektif dengan menelusuri bagaimana peristiwa teejadi.

"Kontrol siswa atau pelakunya empat mata. Selidiki apa yang membuat dia melakukan perundungan. Jika memang diperlukan memanggil orang tua, orang tua pun bisa dipanggil," jelas Astrid.

Lalu, bagaimana jika kita adalah orang yang melihat orang lain mengalami perundungan? Astrid menyarankan agar segera interupsi dengan netral.

Jika kita lebih dekat dengan pelaku, maka pada saat pelaku melakukan perundungan, coba dekati dia dan alihkan perhatiannya.

Sumber: Republika
Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers