web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Peserta UTBK Padati Seputar ITB

Sabtu, 11 Juli 2020 13:13 WIB Fichri Hakiim

Kemacetan di sekitaran Institut Teknologi Bandung, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) memadati kawasan Institut Teknologi Bandung, Sabtu (11/7/2020). Hal itu berdampak pada kemacetan di Jalan Ganesha, Bandung.

Salah seorang peserta UTBK asal SMAN 5 Cimahi, Aisyaharani, mengatakan, kemacetan sudah terjadi sejak pukul 12.00 WIB. "Saya sudah berada di sini dari pukul 12.00 WIB, sedangkan ujian baru akan dimulai pukul 14.00 WIB," ujarnya kepada Ayobandung.com.

Dirinya menuju ke lokasi ujian menggunakan ojek pangkalan. "Karena diimbau oleh pihak panitia agar tidak menggunakan kendaraan pribadi," katanya.

"Menurut imbauannya hanya boleh di drop-off atau antar-jemput saja. Mungkin tujuannya agar tidak terjadi kemacetan," ujar Aisyah.

UTBK merupakan tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Lembaga tersebut menjadi satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Sehubungan dengan adanya Pandemi Covid-19, tes UTBK Tahun 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS).

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Pelaksanaan UTBK tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 5-14 Juli 2020. Tahap kedua akan dilaksanakan pada 20-29 Juli 2020.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers