web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Hobi Bikin Miniatur Pesawat dari Kayu, Warga Bogor Dulang Rupiah

Sabtu, 11 Juli 2020 12:14 WIB Husnul Khatimah

Seorang warga Bogor, Agus Salim, membuat miniatur berbagai macam pesawat dari kayu. Dari hobinya itu, dia mendulang rupiah. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

PARUNG, AYOBANDUNG.COM – Seorang warga Bogor, Agus Salim, gemar membuat miniatur berbagai macam pesawat dari kayu. Dari hobinya itu, dia mendulang rupiah.

Agus mengaku, keahliannya membuat miniatur pesawat didapat secara autodidak dan keisengan mencoba memanfaatkan kayu menjadi miniatur yang memiliki nilai jual.

Untuk membuat miniatur pesawat tidaklah mudah. Butuh keakuratan mengukir setiap sudutnya. Kesamaan miniatur dengan wujud aslinya pun sangat penting.

"Kita harus tepat kesamaan miniatur dan aslinya, itu tidak mudah, untuk buat jendelanya aja sulit. Namun karena hobi, saya jadi senang dan termotivasi saja untuk bisa menyelesaikan semua miniatur pesawat," ujar Agus, ketika ditemui Ayobogor.com di kediamannya di kawasan Parung, Kabupaten Bogor, Jumat (10/7/2020).

Pria yang pernah bekerja di lingkungan penerbangan ini mengaku, berkat hobinya, dia mendapatkan uang Rp300.000-Rp500.000 untuk satu miniatur pesawat.

"Dalam sebulan biasanya bisa terjual 2 pesawat, tergantung banyaknya pesanan dan sekarang saya juga produksi sendiri saja mulai dari awal bahan baku hingga jadi saya sendiri yang kerjakan jadi belum bisa banyak-banyak produksi juga," kata Agus.

Biasanya, Agus akan membuat pesawat setelah mendapatkan pesanan. Satu miniatur pesawat dapat diselesaikan paling cepat dua pekan.

Agus biasanya menggunakan kayu albasia dan pulai untuk membuat miniatur pesawat. "Ada juga saya menggunakan limbah kayu atau jenis kayu lainnya yang dirasa-rasakan bisa dibentuk, semua bahan baku kayu itu didapat secara gratis karena memang kita memamfaatkan kayu yang tidak terpakai," katanya.

Agus telah menciptakan ratusan jenis miniatur pesawat, mulai dari pesawat komersial, helikopter, hingga sukoi.

"Ke depan saya akan mencoba untuk berinovasi membuat miniatur lainnya seperti gitar atau miniatur alat musik lainnya, bertahap tentunya akan saya coba," katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers