web analytics
  

3 Cara Simpel Membedakan Hand sanitizer Asli atau Palsu

Sabtu, 11 Juli 2020 06:18 WIB

Petugas memasang hand sanitizer pada transportasi publik Trans Metro Bandung (TMB) di Terminal Cicaheum, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis (19/3/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Seiring meningkatnya permintaan, sejumlah oknum membuat hand sanitizer palsu demi meraup untuk saat pandemi corona Covid-19. Lantas, bagaimana cara membedakan hand sanitizer asli dan palsu?

Produk hand sanitizer asli terbuat minimal dari 60% alkohol. Campuran yang digunakan juga tak sembarangan agar tidak merusak kulit pengguna.

Selain mengecek merek, kemasan fisik, tanggal kedaluwarsa, dan kandungan alkohol yang tertera, terdapat cara mudah untuk mengecek keaslian hand sanitizer.

Menyadur dari Times of India, terdapat setidaknya 3 cara mudah mengetahui keaslian produk hand sanitizer yang dibeli.

1. Menggunakan tisu

Siapkan selembar tisu dan buat lingkaran di tengahnya menggunakan pulpen atau alat tulis bertinta. Lalu tuangkan beberapa tetes hand sanitizer ke dalam lingkaran.

Jika tinta memudar dan luntur, hand sanitizer yang Anda beli palsu. Namun, jika lingkaran tak berubah dan tisu cepat mengering, hand sanitizer itu berkualitas baik.

2. Menggunakan pengering rambut

Siapkan pengering rambut dan mangkuk kecil. Tuang beberapa tetes hand sanitizer ke mangkuk.

Setelah itu, coba gunankan pengering rambut untuk mengeringkannya. Hand sanitizer yang asli akan mengering kurang dari 5 detik. Di luar itu, pembersih tangan yang Anda beli palsu.

3. Menggunakan tepung

Anda juga dapat menguji keaslian hand sanitizer menggunakan tepung. Ambil tepung ke dalam mangkuk dan tambahkan sedikit cairan hand sanitizer.

Cobalah untuk menguleni adonan. Apabila Anda dapat mengulen adonan dengan mudah layaknya menggunakan air, pembersih tangan itu palsu.

Namun, jika adonan tetap terurai atau sulit menggumpal, cairan hand sanitizer yang Anda beli asli.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers