web analytics
  

Tip Atasi Jerawat Selama Pandemi dari Ahli

Sabtu, 11 Juli 2020 06:09 WIB

[Ilustrasi] Kulit berjerawat akibat pemakaian tisu pembersih wajah. (Sharon McCutcheon/Pixabay )

MEMPHIS, AYOBANDUNG.COM -- Penggunaan masker saat pandemi membantu mencegah penularan Covid-19. Namun, penggunaan yang terus-menerus dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit. Seorang ahli menyebut fenomena ini sebagai "mask-ne".

"Orang-orang mengalami lebih banyak jerawat karena suhu yang hangat, kondisi (kulit) tertutup dan kelembapan," ujar dr Purvisha Patel dari Advanced Dermatology di Memphis, seperti dilansir di WMC Action News, Sabtu (11/7/2020).

Untuk mencegah "mask-ne", Patel memberikan beberapa saran. Salah satunya melakukan eksfoliasi kulit secara rutin. Selain itu, patel merekomendasikan mencuci muka minimal dua kali sehari.

"Bersihkan semua bakteri dan jamur dari kulit Anda setidaknya dua kali sehari," kata Patel.

Selain di wajah, sejumlah orang mungkin lebih sering mengalami jerawat di badan saat pandemi. Alasannya, situasi pandemi membuat banyak orang menjadi lebih lama duduk hingga jarang mengganti baju. "Mungkin kita menggunakan celana yoga sepanjang hari," ujarnya.

Masalah ini bisa semakin buruk bila tidak dapat menjaga pola makan yang sehat dalam dalam keseharian. Untuk menunjang kesehatan kulit, Patel merekomendasikan minum minimal 6 gelas air putih per hari, 8 jam tidur malam, asupan multivitamin dan probiotik.

Dia menyebut, bukan hanya masalah jerawat, tak sedikit orang yang merasakan stres kala pandemi. Stres yang berlebih dapat menyebabkan sebagian orang mengalami keluhan rambut rontok. "Ada fenomena yang disebut telogen effluvium," kata Patel.

Dia menyarankan orang-orang yang mengalami keluhan rambut rontok untuk mengonsultasikannya ke dokter ahli dermatologi. Dokter dapat memberikan terapi yang tepat untuk menangani rambut rontok.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers