web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Tolak RUU HIP, Barisan Muda Persis Sampaikan Aspirasi ke FPDIP DPRD Kota Bandung

Jumat, 10 Juli 2020 22:08 WIB Redaksi AyoBandung.Com

Barisan Muda Persis sampaikan aspirasi penolakan RUU HIP ke Fraksi PDIP DPRD Kota Bandung. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Barisan Muda Persatuan Islam (BMPI) Kota Bandung yang merupakan gabungan dari Pemuda Persis, Pemudi Persis, Hima dan Himi Persis secara tegas menolak Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Penolakan tersebut, langsung melalui penyampaian aspirasi yang disampaikan kepada Fraksi Partai Demokrasi Perjuangan (FPDIP) Kota Bandung yang diterima Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Achmad Nugraha beserta ketua dan anggota fraksi, Jumat (10/7/2020).

Ketua Pemuda Persis Kota Bandung, Edwin Khadafi menjelaskan, pertemuan dengan FPDIP Kota Bandung ini ditempuh karena FPDIP merupakan Fraksi Pengusul RUU HIP. Barisan Muda Persis berharap dengan pertemuan yang diagendakan untuk menyampaikan tuntutan dicabutnya RUU HIP ini dapat menjadi masukan bagi FPDIP Kota Bandung untuk meneruskan aspirasi ini ke DPR RI Fraksi PDIP di Jakarta.

“Aksi Peduli Konstitusi dalam bentuk audiensi ini merupakan wujud  penolakan terhadap RUU HIP dan menuntut agar dicabutnya RUU HIP dari Prolegnas. Barisan Muda Persis juga ingin mencari kejelasan terkait pandangan FPDIP Kota Bandung atas RUU HIP ini dan berharap agar FPDIP Kota Bandung dapat menghadirkan jiwa kenegarawanan untuk senantiasa mendengar aspirasi rakyat dalam hal RUU HIP ini,” ujar Edwin.

Menurutnya, Barisan Muda Persis juga ingin merawat tradisi keberanian dan kenegarawanan para pendahulu bangsa yang senantiasa membuka ruang dialog ditengah perbedaan yang mengemuka. Terlebih bagi PERSIS yang patut untuk meneladani pendahulunya yaitu A Hasan dan M Natsir dalam membuka ruang dialog bahkan debat terbuka dengan pihak pihak yang berbeda pandangan. 

“Persatuan Islam dengan seluruh anggotanya akan senantiasa hadir dalam barisan perjuangan merawat NKRI dan mewujudkan janji kemerdekaan Republik Indonesia,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Achmad Nugraha sangat mengapresiasi aspirasi yang disampaikan Barisan Muda Persatuan Islam ini. Diakui, pihaknya akan langsung menyampaikan aspirasi tersebut kepada pusat.

“Kami menerima aspirasi ini. Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak anti kritik. Kita sangat terbuka akan kritik dan koreksi yang merupakan bagian dari pembangunan. Sehingga ikut bersama-sama menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa," katanya.

Achmad menjelaskan, aspirasi ini menujukkan jika Pemuda Persis juga ingin menjaga Pancasila bersama-sama dan menguatkan pemahaman akan ideologi bangsa tersebut.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers