web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Waspadai Kanker Usus dengan Perhatikan Pola BAB

Sabtu, 11 Juli 2020 04:30 WIB

Ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kanker usus paling umum yang biasanya berkembang di usus besar. Terkadang, kondisi ini juga dikenal sebagai kanker usus besar atau dubur.

Tanda-tanda peringatan dini kanker usus bisa sangat halus. Sehingga banyak orang tidak menyadari mereka berisiko menderita kanker usus.

Salah satu gejala paling umum kanker usus adalah mengeluarkan lebih banyak tinja daripada biasanya. Karena itu, penting untuk memeriksa feses Anda setelah buang air besar.

Menurut Bowel Cancer UK, perubahan halus pada kebiasaan buang air besar adalah tanda peringatan utama kanker usus.

Beberapa pasien mengaku mengeluarkan lebih banyak feses daripada biasanya ketika menderita kanker usus.

Sebenarnya, tidak ada jumlah yang normal dari buang air besar dalam sehari. Bahkan frekuensi buang air besar setiap orang juga berbeda-beda.

"Kanker usus seharusnya bisa diobati, tetapi bila kondisi ini dideteksi lebih dini agar mudah diobati," jelas Bowel Cancer UK dikutip dari Express.

Karena, kanker usus yang didiagnosis lebih awal memiliki peluang pengobatan jauh lebih tinggi dan kanker belum menyebar luas.

Anda juga perlu konsultasi dengan dokter bila melihat adanya perubahan terus-menerus, terutama kebiasaan buang air besar dan terjadi pendarahan.

"Kamu mungkin perlu buang air kecil lebih sering, merasa tidak cukup sering ke toilet dan merasa tidak sepenuhnya mengosongkan isi perut," tambahnya.

Anda harus menemui dokter bila perubahan kebiasaan buang air besar terjadi selama lebih dari 4 minggu. Tapi, perubahan ini bukan selalu berarti kanker usus.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers