web analytics
  

PLN UP3 Cimahi Bakal Terangi 107 Madrasah 

Jumat, 10 Juli 2020 21:59 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Cimahi, PLN UP3 Cimahi Bakal Terangi 107 Madrasah , PLN UP3 Cimahi,Madrasah

Pemasangan sambungan listrik gratis untuk madrasah yang belum memiliki listrik mandiri.  (Tri Junari)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- PLN berkomitmen mendukung kemajuan pendidikan agama, termasuk di wilayah pelayanan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi yang meliputi Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat (KBB) serta Margaasih.

Salah satu bentuk dukungan PLN ialah memberikan pemasangan sambungan listrik gratis untuk madrasah yang belum memiliki listrik mandiri. 

Pemasangan mulai digarap di wilayah UP3 Cimahi seperti madrasah di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung dan di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Manager PLN UP3 Cimahi, Ansats Pram Andreas Simamora mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima dari Kementerian Agama (Kemenag), jumlah madrasah di wilayah PLN UP3 Cimahi mencapai 916 lebih.

"Untuk Cimahi ada sekitar 100 lebih madrasah, infonya semuanya sudah berlistrik. KBB sekitar 816 madrasah. Kita cek ada 107 mungkin belum memiliki meter sendiri," ungkapnya saat ditemui, Jumat (10/7/2020).

Dikatakan Ansats, pihaknya sudah mulai melakukan pengecekan terhadap madrasah yang menurut laporan belum teraliri listrik. Tercatat hingga hari ini baru ada delapan yang sudah dilakukan pengecekan.

"Ini sebagai awalan. Informasi dari Kemenag terus kami cek dan survey secara berkala untuk semuanya bisa kami nyalakan," ujarnya.

Ansats menjelaskan, anggaran sambungan gratis itu bersumber dari Yayasan Baitul Maal (YBM). Madrasah yang mendapatkan sambungan listrik gratis itu diberikan daya 900 VA dengan tarif subsidi yakni Rp. 445 per kWH.

"Jadi listik yang terpasang di sini tarifnya sosial karena dipakai untuk kegiatan belajar mengajar. Kemudian dayanya 900 VA jenis listrik prabayar," jelasnya.

Ia menuturkan, madrasah penerima pemasangan listrik gratis juga diberikan kartu prabayar dengan nomor ID pelanggan yang nantinya dipakai untuk pengisian token berikutnya.

PLN juga berkomitmen akan tetap menjaga kehandalan pasokan listrik dan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kerja selama memasuki masa new normal.

"PLN menjaga kesediaan pasokan listrik bagi masyarakat yang masih beraktifitas dirumah maupun masyarakat yang bekerja diluar rumah, Industri, tempat wisata, hotel, dan Mall/ supermaket," tandasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers