web analytics
  

Tips Aman Berbelanja Online saat AKB

Jumat, 10 Juli 2020 21:03 WIB Netizen Abdul Latief
Netizen, Tips Aman Berbelanja Online saat AKB, Belanja,Tips,AKB

Pria yang sedang mencari produk di situs belanja online. (Abdul Latief)

Abdul Latief

Mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

AYOBANDUNG.COM -- Saat pandemi Covid-19 telah melanda sejumlah wilayah di Indonesia, pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan agar melakukan aktivitas dari rumah. Akibatnya, sejumlah mal di Indonesia terpaksa ditutup sementara sampai ada pemberitahuan dari pemerintah, Berdasarkan Data Dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), tercatat sekitar 197 mal yang terpaksa harus menutup sebagian aktivitasnya terhitung sejak Maret 2020.

Adanya pandemi ini mendorong masyarakat untuk menggunakan platform digital guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya Aplikasi ­E-commerce. Dengan munculnya aplikasi ini, masyarakat dengan mudah mencari kebutuhan sehari-hari. Meskipun beberapa mal di Indonesia sudah dibuka, namun tren belanja online masih tetap bertahan.

Masyarakat masih merasa khawatir tertular virus corona jika berbelanja langsung di mal, alasan inilah yang mendorong mereka sering bertransaksi via online. Selain mementingkan keamanan dan kenyamanan, produk yang dijual di situs belanja online sangat bervariasi, serta banyak diskon yang membuat masyarakat tergiur untuk membelinya.

Sebelum berbelanja online, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut agar saat bertransaksi aman dan mudah, serta barang sampai sesuai dengen ekspetasi.

Prioritaskan Kebutuhan Sehari-hari

Saat masa AKB ini, banyak orang yang kesulitan mencari masker dan Hand Sanitizer, karena stok di apotik terdekat sudah habis. Maka dari itu, masyarakat mencari alternatif lain salah satunya belanja online Sebelum kita berbelanja online, pastikan kita harus tahu apa yang mau kita beli. Belilah produk sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Kemudian kita ambil keputusan apakah barang yang kita beli benar- sangat dibutuhkan, jangan terlalu sering membuat situs online agar tidak tergoda dengan harga diskon,

Pilih Situs Online Terpercaya

Di kondisi seperti ini, ada saja oknum nakal yang memanfaatkan situasi ini hanya untuk kependingan pribadi. Seringkali terjadi kasus penipuan saat berbelanja online, akibatnya masyarakat merasa khawatir jika produk yang dibelinya tidak sampai atau tidak sesuai dengan ekspetasi. Sudah banyak oknum nakal yang membuat testimoni palsu atau hasil rekayasa, guna menarik masyarakat tertarik untuk mengunjung toko tersebut. Sebelum berbelanja, pastikan bahwa took tersebut mendapat rating yang bagus dan mendapat respons positif dari pembelinya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan kita saat belanja online di toko tersebut.

Kunjungi Seller yang Mempunyai Reputasi Baik

Ada harga, ada kualitas, setiap produk yang kita tentu harus seimbang antara harga dan kualitas. Meski sudah beberapa seller yang terjun ke situs online terpercaya, ada baiknya memperhatikan reputasi dari seller tersebut. Cermati seller yang sudah terpercaya yang menyertakan foto barangnya dan bukan hasil curian. Selain itu, seller yang bagus mendapat respon postif dan direkomendasikan dari pembeli lain.

Baca Deskripsi Produk Secara Teliti

Belanja online sering membuat konsumen langsung membeli produk tersebut, tanpa membaca deskripsinya terlebih dahulu, dengan alasan urgensi atau sangat dibutuhkan. Pastikan sebelum beli belanja ada baiknya membaca deskripsi produk tersebut dengan teliti, mulai dari kualitas, bahan, jumlah, harga, dan lain-lain. Karena jika tidak, maka konsumen akan merasa kecewa karena salah beli produk.

Itulah beberapa tips aman berbelanja online saat AKB, demi meminalisir angka penularan virus corona di Indonesia.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers