web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Pemkot Bandung Klaim Kasus Secapa AD Tak Pengaruhi Status Zona Biru

Jumat, 10 Juli 2020 15:02 WIB Nur Khansa Ranawati

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (Humas Pemkot Bandung)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Saat ini, tingkat kerentanan Kota Bandung teradap penyebaran Covid-19 masih berada dalam zona biru. Kasus positif Covid-19 di wilayah Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, disebut tidak akan memengaruhi zona tersebut.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, hal tersebut dikarenakan pendataan kasus Covid-19 di Kota Bandung berbasis alamat. Sehingga, tidak seluruhnya kasus positif di Secapa AD dapat dimasukkan ke dalam data Covid-19 Kota Bandung.

"Tidak akan merubah status karena pendekatan kita alamat, itu kan (siswa) dari seluruh Indonesia tersentralisasi di sana. Kelihatannya angkanya diangkat ke pusat," ungkapnya dalam konferensi pers di Balai Kota Bandung, Jumat (10/7/2020).

Ia mengatakan, dalam peraturan wali kota yang mengatur kegiatan di Kota Bandung selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kegiatan pendidikan tidak boleh untuk diselenggarakan. Namun, insititusi pendidikan militer, ia mengatakan, memiliki kewenangan tersendiri.

"Sebetulnya saat Bandun terapkan perwal 1,2 dan perwal AKB, jelas tidak boleh ada pendidikan. Tapi kan itu (Secapa AD) punya kebijakan tersendiri, kita tidak bisa intervensi," ungkapnya.

Yana mengatakan, berdasarkan kajian epidemiologis, saat ini angka reproduksi Kota Bandung berada di 0,53. Dalam 2x14 hari terakhir, angka reporduksi Covid-19 Kota Bandung konsisten berada di bawah 1.

"Tadi juga dilaporkan beberapa kegiatan yang direlaksasi tidak ditemukan adanya penyebaran virus atu klaster baru, sehingga ke depannya relaksasi akan betul-betul dilakukan secara hati-hati," ungkapnya. 

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers