web analytics
  
Banner Kemerdekaan

41 Nakes dari 33 Puskesmas Kota Bandung Terpapar Covid-19

Jumat, 10 Juli 2020 13:57 WIB

Ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengungkapkan, 41 tenaga kesehatan (nakes) dinyatakan positif Covid-19. Namun, saat ini mereka telah dinyatakan negatif usai melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan uji usap kembali. 

"41 Nakes (positif Covid-19, Red) dari 33 puskesmas di Kota Bandung," ujar Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita di Balai Kota Bandung, Jumat (10/7/2020).

Menurutnya, seluruh nakes tersebut sudah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan dinyatakan negatif usai di tes kembali. Ia mengatakan, pihaknya pun sudah melakukan sterilisasi terhadap 80 puskesmas di Kota Bandung secara bergilir. Menurutnya, seluruh puskesmas sudah kembali beroperasi melayani masyarakat.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyebutkan di lima Kecamatan di Kota Bandung saat ini tidak terdapat kasus positif covid-19. Menurutnya, kelima kecamatan yaitu Sukasari, Bandung Kidul, Buah Batu dan Rancasari dan Ujung Berung.

Terkait dengan informasi adanya satu pasien yang diduga positif covid-19 berasal dari Rancasari. Rita mengaku akan terlebih dahulu mengecek keabsahan data tersebut. Ia menambahkan, angka reproduksi Covid-19 hingga Kamis (9/7) kemarin berada di angka satu yaitu 0,53. Selain itu, katanya sudah dua kali selama 14 hari angka reprodukai covid-19 berada di bawah satu.

Menurutnya, beberapa kegiatan yang sudah direlaksasi tidak ditemukan penyebaran virus atau klaster baru covid-19. Sehingga katanya, pihaknya jika akan melakukan relaksasi kembali harus lebih memperhatikan standar protokol kesehatan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers