web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Eks Penerjemah Persib Siap Jadi Pelatih Kepala di Indonesia

Jumat, 10 Juli 2020 13:44 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Eks penerjemah sekaligus asisten pelatih Persib Bandung Fernando Soler (Ayobandung.com/Eneng Reni)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Eks penerjemah sekaligus asisten pelatih Persib Bandung Fernando Soler siap kembali ke Indonesia. Bukan sebagai penerjemah tim, Soler ingin mencoba peruntungannya menjadi seorang kepala pelatih. 

Mantan penerjemah juru taktik Maung Bandung, Mario Gomez di musim 2018 itu mengungkapkan, memiliki hasrat menukangi tim di Indonesia sejak dulu. Karir Soler di Indonesia sempat terhenti setelah kontrak kerja samanya dengan Persib berakhir pada akhir musim 2018.

Usai menjadi penerjemah di skuat Pangeran Biru, Soler mengejar lisensi kepelatihan Pro License AFC. Kini, bersama kompatriotnya, Carlos Alberto Gomez serta Franco Hita, dia menyusun program kepelatihan.

"Sekarang saya masih di Argentina. Mudah-mudahan bisa latih di sana, tim proyek kita (terbentuk) sama teman-teman orang Argentina yang pernah main di Indonesia," kata Soler melalui aplikasi pesan singkat, Jumat (10/7/2020).

Nama Soler memang sudah tak asing di industri sepak bola Tanah Air. Selama menumput di Indonesia, Soler sudah pernah berkostum Persebaya dan Borneo FC. Sementara dua rekannya juga sempat merumput di beberapa tim Indonesia. 

Tercatat,Franco Hita sempat membela Persema, Arema, Persela, dan Mitra Kukar. Sementara Carlos Alberto Gomez pernah membela Persidago Gorontalo, Perseman Manokwari, Persegi Gianyar, dan Mojokerto Putra.

Untuk memuluskan rencananya ini, Soler berencana kembali ke Indonesia dan memulai peruntungannya. Dia juga mengaku bakal membawa program latihan dari negeri Tango saat mengarsiteki tim di Indonesia.

"Kita mau kembali ke sana, kita mau kasih program sepak bola. Siapa tahu ada tim atau dari garuda yang senior dan junior kita bawa program dari Argentina," ujarnya.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers