web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Pemkot Bandung Belum Akan Buka Bioskop dan Tempat Hiburan

Jumat, 10 Juli 2020 12:47 WIB Nur Khansa Ranawati

Pemantauan penerapan protokol kesehatan tempat hiburan di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Tempat hiburan di Kota Bandung termasuk bioskop dan karaoke belum akan dibuka dalam waktu dekat. Keputusan tersebut diambil dari hasil evaluasi yang dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung selepas memantau kesiapan penerapan protokol kesehatan tempat hiburan sepekan terakhir.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebutkan, evaluasi tersebut menunjukan bahwa masih perlu dilakukan penyempurnaan protokol kesehatan di tempat-tempat tersebut. Pihaknya menyebut belum merasa yakin terhadap keamanan yang dijaminkan.

"Tempat hiburan masih kita kaji karena dari Pak Sekda dan yang meninjau, masih perlu ada penyempuraan protokol kesehatan dengan ketat di tempat hiburan dan bioskop," ungkapnya dalam konferensi pers di Balai Kota Bandung, Jumat (10/7/2020).

Penerapan protokol kesehatan dasar seperti physical distancing, dia mengatakan, masih dinilai meragukan untuk dapat terlaksana dengan ketat di tempat-tempat tersebut.

"Ya, misalnya di tempat karaoke, kan tidak mungkin setengah jam sekali petugas masuk ke ruangan untuk mengawasi. Laporan dari teman-teman yang melakukan monitoring belum bisa yakinkan kami," ungkapnya.

Selain itu, dia mengatakan, temuan terakhir yang diumumkan WHO bahwa penularan Covid-19 dapat terjadi melalui udara pun membuat pihaknya waswas. Situasi yang membuat orang berkumpul dalam ruangan tertutup seperti bioskop dinilai masih terlalu beresiko.

"Kemarin kami juga cukup kaget ada berita dari WHO bahwa penularan Covid-19 bisa airborne di ruangan yang sirkulasinya tertutup," ungkapnya.

"Walaupun pengelola bioskop bilang ada teknologi yang bisa menjernihkan sirkulasi udara tapi kami belum yakin. Nanti akan kita tinjau lagi," tuturnya. 

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers