web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Ini 5 Benda Paling Kotor di Kamar Mandi

Jumat, 10 Juli 2020 06:34 WIB M. Naufal Hafizh

Keran Wastafel, salah satu barang di kamar mandi yang termasuk paling kotor. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Terdapat 5 benda yang diklaim paling kotor di kamar mandi.

Kamar mandi merupakan salah satu tempat bersarangnya bakteri dan kuman. Tempat ini lembap yang membuatnya menjadi habitat kuman berkembang biak.

Berikut daftar benda paling kotor di toilet, seperti dilansir dari Readers Digest.

1. Lantai

Lantai bisa menampung lebih banyak kuman daripada area lain dari kamar mandi, kata Gina Sloan, PhD, ketua inovasi Microban.

Biasanya orang tidak membersihkan lantai sesering membersihkan toilet, padahal lantai juga terpapar bakteri yang sama karena setiap menyiram toilet melepaskan bakteri ke udara dan menempel di permukaan lantai.

"Apa pun yang dekat dengan toilet Anda akan tertutup oleh mikroba," tutur Sloan. Lebih baik Anda menutup toilet ketika menyiramnya.

2. Sikat gigi

Benda paling kotor kedua adalah sikat gigi, kata Sloan.

"Sikat gigi tidak hanya mengandung bakteri dari mulut Anda saja, tetapi di mana pun Anda meletakkannya," katanya.

3. Wadah sikat gigi

Sebuah studi dari organisasi kesehatan masyarakat NSF International menemukan 64% pegangan sikat gigi mengandung jamur dan ragi, dibandingkan 27% kursi toilet.

Benda ini lebih mungkin mengandung coliforms atau staph, menurut penelitian.

"Meletakkan sikat gigi Anda yang lembap atau basah, dan sisa air itu menetes ke bawah dan terkumpul di bagian bawah wadah," kata ahli mikrobiologi Lisa Yakas, manajer proyek senior untuk NSF.

4. Keran wastafel

Pegangan keran mengandung lebih dari 600 kali lebih banyak mikroorganisme per inci persegi daripada luas toilet, menurut penelitian NSF.

Setelah mencuci tangan Anda, bersihkan gagang wastafel dengan tisu disenfektan atau larutan pemutih, rekomendasi NSF.

5. Gagang pintu

Gagang pintu kamar mandi mengandung lebih banyak mikroorganisme per inci persegi daripada dudukan toilet, menurut penelitian NSF.

"Lebih baik cuci tangan secara benar setelah menggunakan toilet. Ini adalah 'garis pertahanan' pertama Anda," kata Yakas.

Tercatat hanya 5% orang yang benar-benar mencuci tangan selama lebih dari 15 detik, menurut penelitian Michigan State Univeristy. Meskipun CDC merekomendasikan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers