web analytics
  
Banner Kemerdekaan

5 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Jumat, 10 Juli 2020 06:08 WIB M. Naufal Hafizh

Jambu kristal. (Pixabay/new_abdul17)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Jambu tanpa biji atau yang biasa disebut jambu kristal kaya akan manfaat kesehatan.

Melansir dari Specialty Produce, jambu kristal atau psidium guajava ini umumnya ditemukan di Malaysia dan wilayah Pasifik Selatan.

Jambu kristal merupakan sumber vitamin C, kalium, dan serat makanan yang sangat baik. Bahkan jambu kristal digunakan dalam sejumlah pengobatan tradisional di Afrika, Asia, hingga Karibia.

Ada sejumlah manfaat kesehatan dari konsumsi jambu kristal yang dilansir dari dkp.bogorkab.go.id dan tak jauh beda dari manfaat jambu biji lainnya.

1. Menjaga kesehatan mata

Jambu kristal yang mengandung vitamin A tinggi dapat menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan mata.

Jambu kristal juga bisa membantu mengobati sejumlah masalah mata seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris, dan rabun ayam.

2. Mengobati sariawan

Kandungan vitamin C tinggi pada jambu kristal juga sangat efektif untuk mencegah serta mengobati sariawan secara alami.

3. Menjaga kesehatan kulit

Jambu kristal juga termasuk buah yang mengandung banyak vitamin E. Kandungan vitamin E tinggi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin E membantu mencegah kulit kering, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, menutrisi kulit dan menjaga kelembapan kulit.

4. Sumber zat antioksidan

Buah jambu kristal sangat bermanfaat sebagai sumber zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah sumber berbagai penyakit seperti kanker, penuaan dini, dan penyakit kronis lainnya.

5. Mencegah virus dan infeksi

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral dalam jambu kristal sangat bermanfaat sebagai antibakteri, antiinfeksi dan anti-peradangan.

Artinya, jambu kristal sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan yang berhubungan dengan infeksi, peradangan dan virus.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers