web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Harga Cengkih Basah Anjlok, Hanya Rp20 Ribu/Kg

Kamis, 9 Juli 2020 22:24 WIB Tri Junari

Cengkih (Pixabay)

CIKALONGWETAN, AYOBANDUNG.COM -- Panen raya cengkih tahun ini di Kampung Bongkok, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak begitu menggembirakan para petani.

Nilai jual cengkih kering pada musim panen tahun ini justru anjlok hanya dihargai Rp50 ribu per kilogram, padahal sebelumnya harga cengkih sempat menembus Rp120 ribu per kilogram.

Menurut Ade Tarman (53), seorang petani cengkih, saat ini cengkih basah hanya dihargai Rp 20 ribu per kilogram sedangkan cengkih kering dihargai Rp 50 ribu hingga Rp 55 ribu per kilogram.

"Harga cengkih dari tahun kemarin sudah anjlok. Tahun kemarin masih di kisaran Rp 65 ribu sampai Rp 70 ribu. Tahun ini malah makin turun, di harga Rp 50 ribu sampai Rp 55 ribu. Ya kecewa juga sebetulnya," ungkap Ade, Kamis (9/7/2020).

Harga cengkih yang terus merosot setiap tahunnya, justru semakin membebani petani lantaran biaya tambahan yang dikeluarkan untuk membayar upah pekerja tak ikut turun bahkan naik.

"Ya sebetulnya rugi juga, karena kita bayar ongkos petik. Setiap pekerja itu dibayar Rp 5 ribu per orang untuk satu kilogram cengkih. Tapi harga jual cengkihnya malah merosot," katanya. 

Menurut Ade, walaupun harganya sedang merosot, biji cengkih tetap harus dipanen setiap tahun agar pohonnya tetap subur dan menghasilkan lebih banyak biji saat panen di tahun berikutnya.

"Mayoritas warga di sini mengandalkan pendapatan dari cengkih, ada yang menjual cengkih kering ada juga yang sudah diolah jadi produk lain, seperti minyak cengkih, tapi itu dari daunnya," terangnya. 

Petani lainnya, Kiking (65) mengaku sejak akhir Juni lalu hingga bulan Agustus mendatang merupakan panen cengkih di Kampung Bongkok. Kiking juga turut mengeluhkan harga jual panen yang jauh dari harapan.

"Sekarang harga cengkih lagi murah, enggak tahu masalahnya karena apa. Kalau kami sih inginnya harga cengkih itu agak ada harganya, sempat kan Rp 120 ribu per kilogram nah itu bikin untung buat kami," ucap Kiking.

Kiking berharap pada saat panen raya mendatang harga cengkih kembali naik. Diperkirakan, panen raya tersebut akan menjadi panen besar. 

"Kalau panen tahun depan harganya naik, ya kami bersyukur sekali. Mudah-mudahan seperti itu," tandasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers